Sembelit Saat Hamil ? Berikut Adalah Cara Ampuh Mengatasinya

5/5 (1)
teh hijau dapat mengatasi sembelit saat hamil

Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Sembelit Saat Hamil, Sembelit pada ibu hamil adalah hal yang kerap terjadi. Sembelit pada ibu hamil dapat dicegah dengan memperbanyak asupan serat, air putih, serta berolahraga.

Gejala sembelit terjadi ketika Bunda lebih jarang buang air besar, dalam sehari hanya satu kali atau bahkan dua hari sekali. Selain itu, rahim yang membesar dan menekan usus, diet rendah serat, serta mengkonsumsi obat penambah darah juga akan membuat ibu hamil mengalami sembelit.

Tanda tanda dan gejala sembelit

  • Sulit buang air besar
  • Sakit perut
  • Feses kering atau buang air keras
  • BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu
  • BAB berdarah atau keluarnya darah setelah BAB
  • Perut terasa penuh
  • Merasa tidak puas setelah BAB atau merasa ada yang tersumbat.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala lain yang tidak disebutkan pada daftar di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter secepatnya.

Cara mengatasi sembelit saat hamil

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat dianggap ampuh dalam mencegah atau meringankan sembelit karena memiliki dua manfaat, yaitu mempercepat kerja sistem pencernaan dan membuat feses menjadi lebih lunak.

Oleh karena itu, silahkan bunda makan makanan tinggi serat seperti sereal dari gandum utuh, beras merah, buncis, buah segar, dan sayuran setiap hari.

2. Minum Air Putih Secara Teratur

Disarankan bagi Bunda yang sedang hamil untuk minum 8-12 gelas air putih per hari. Minum air putih secara teratur setiap hari sehingga air seni Bunda berwarna bening, yang menandakan kadar air di dalam tubuh cukup.

catatan: JANGAN PERNAH MENGKONSUMSI KAFEIN !!! karena kafein dapat meningkatkan volume urine dan malah membuat dehidrasi.

Baca juga: Makanan dan minuman yang WAJIB dihindari saat masa kehamilan

3. Olahraga Rutin

Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, mengayuh sepeda statis dan yoga bisa mengurangi gejala sembelit dan membuat Bunda lebih bugar serta sehat.

4. Ikuti Tanda yang Diberikan Tubuh

Jangan pernah menahan buang air kecil maupun besar, luangkan waktu untuk ke kamar mandi setelah makan jika memang perlu.

Kapan Bunda Harus Waspada ?

Apabila cara-cara di atas belum berhasil, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi obat atau suplemen apapun tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter ahlinya.

Penilaian Anda Tentang Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *