Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Alergi

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Alergi? Boleh, Tapi…

Bagi Ibu hamil yang mengalami alergi mungkin akan bertanya-tanya, apakah obat yang alergi aman untuk dikonsumsi saat mengandung?

Selama hamil, tentu Bunda harus menjaga kesehatan. Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena dikhawatirkan dapat memengaruhi perkembangan janin yang sedang Bunda kandung.

Dilansir dari laman netdoctor.co.uk, tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Namun akan lebih baik, jika Bunda mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan cetirizine.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Dokter biasanya akan menganjurkan pengobatan jika alergi yang Bunda alami cukup berat.

Misalkan saja karena alergi tersebut Bunda mengalami kesulitan untuk tidur. Kelelahan karena kurang tidur tentu tidak baik untuk kesehatan Bunda dan janin, sehingga pemberian obat alergi diperbolehkan untuk kasus ini.

Lain hal jika alergi yang Bunda alami hanya menunjukkan gejala ringan. Dokter kemungkinan akan menganjurkan penanganan lain seperti penggunaan larutan saline atau membersihkan sumber alergi.

Tinggalkan Komentar