manfaat daun ubi jalar bagi ubi hamil

10 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Ibu Hamil dan Janin

Mengonsumsi berbagai sayuran kaya akan nutrisi selama masa kehamilan adalah strategi tepat untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang janin. Agar nutrisi yang didapatkan optimal, Anda bisa memasukkan beberapa jenis sayur dan buah bernutrisi tinggi.

Jika Bunda merasa bosan dengan sayuran yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba olahan sayur dari daun ubi jalar. Tak hanya bagian umbi atau akarnya, ternyata daun ubi jalar pun bermanfaat untuk ibu hamil lho.

1. Membantu Perkembangan Janin

Daun ubi jalar mengandung vitamin B2 atau ribovlafin. Kandungan ribovlafin ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk janin di dalam kandungan. Ribovlafin di dalam tubuh bertugas untuk mengembangkan sel-sel kulit, darah, serta lapisan saluran pencernaan.

Ribovlafin diperlukan oleh ibu hamil karena dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin selama kehamilan. Selain itu, ribovlafin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko preeklamsia hingga membantu proses terurainya sari-sari makanan dengan lebih cepat. Sari makanan ini didistribusikan kepada janin melalui plasenta sebagai asupan gizi bagi janin.

Ibu hamil setidaknya membutuhkan 1,4 miligram ribovlafin per hari. Namun, bumil perlu berhati-hati, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung ribovlafin, maka dapat menyebabkan urine menjadi berwarna oranye.

Oleh karena itu, perhatikan takaran konsumsi daun ubi jalar, ya, Bun. Bila perlu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter.

2. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Meningkatnya hormon progesteron di masa kehamilan membuat 80% ibu hamil mengalami morning sickness. Gejala mual ini kerap dialami ibu hamil, terutama pada trimester awal kehamilan.

Meskipun morning sickness merupakan kondisi wajar yang dialami oleh ibu hamil, tetapi hal ini bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman hingga sulit untuk beraktivitas.

Untuk mengatasi morning sickness, Bunda bisa mengonsumsi olahan daun ubi jalar. Kandungan vitamin B6 pada daun ubi jalar dapat membantu mengurangi gejala morning sickness serta mengatur metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan Sistem Imun Ibu Hamil

Daun ubi jalar mengandung vitamin C yang diketahui dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ibu hamil dengan sistem imun yang baik serta daya tahan tubuh yang kuat tidak akan mudah terserang penyakit. Jika ibu sehat, maka janin di dalam kandungan pun akan lebih terjaga kesehatannya.

4. Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil

Manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Ibu hamil rentan mengalami gangguan pencernaan.

Salah satu gangguan pencernaan yang kerap menghampiri ibu hamil yaitu sembelit atau konstipasi. Biasanya, semakin tua usia kehamilan, maka risiko gangguan pencernaan pun semakin meningkat.

Untuk mencegah semua itu terjadi, Bunda bisa mengonsumsi olahan daun ubi jalar. Kandungan serat yang cukup tinggi pada daun ubi jalar dapat mengoptimalkan kerja sistem pencernaan sekaligus melancarkannya.

5. Membantu Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan berat badan secara signifikan juga kerap dialami oleh ibu hamil. Namun, berat badan yang berlebih dapat berujung pada terjadinya obesitas dan mengancam kesehatan ibu serta janin.

Untuk mengontrol berat badan Bunda di masa kehamilan, mengonsumsi daun ubi jalar adalah salah satu solusinya. Daun ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi dan cukup ampuh untuk menekan rasa lapar.

Dengan begitu, Bunda menjadi tidak mudah lapar serta proses pencernaan di dalam tubuh pun menjadi lebih lancar.

6. Mengoptimalkan Penyerapan Zat Besi

Daun ubi jalar memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk mengatasi anemia atau kurangnya sel darah merah, ibu hamil dapat mengonsumsi daun ubi jalar.

Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian Indonesian Journal of Health Research. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ibu hamil yang diberikan rebusan daun ubi jalar dengan dosis 100 gram selama 10 hari memiliki kadar hemoglobin yang meningkat.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Nah, bagi ibu hamil, mengonsumsi olahan daun ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada daun ubi jalar berperan penting dalam mengoptimalkan kesehatan indra penglihatan ibu hamil.

8. Membantu Pertumbuhan Sel dan Jaringan

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, kandungan vitamin C yang terdapat pada daun ubi jalar pun memberikan manfaat bagi janin. Vitamin C tersebut dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan sel dan jaringan janin, melindungi janin dari infeksi bakteri, dan melindungi plasenta.

Image: iStockphoto

Berdasarkan penelitian, janin membutuhkan 80-85 miligram kadar vitamin C setiap harinya. Kandungan vitamin C ini pun dapat membuat janin menjadi lebih sehat dan tampak cerah ketika lahir.

9. Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Menyehatkan Tulang Ibu Hamil

Seperti yang disebutkan di atas, daun ubi jalar juga mengandung kalsium. Kandungan nutrisi yang satu ini dapat membantu menyehatkan tulang. Jadi, mengonsumsi daun ubi jalar akan membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan tulang.

10. Mengurangi Risiko Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Khawatir dengan barat badan bayi yang rendah ketika lahir? Bunda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Sebab, daun ubi jalar mengandung zat besi yang tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan bahwa ibu hamil yang rajin mengonsumsi sayuran dengan kandungan zat besi sekitar 10 mg per hari dapat membantu meningkatkan berat badan bayi hingga 15 gram. Hal ini jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi zat besi di masa kehamilan.

sumber: TheAsianParent

Tinggalkan Komentar