Tidak Dianjurkan untuk Keluar Saat Magrib, Kenapa Ya?

Mengapa Anak-anak Dianjurkan untuk Masuk Rumah Saat Magrib? Ini Penjelasannya Dalam Islam!

Aqiqah al Hilal – Pernahkah Ayah Bunda mendengar ucapan turun temurun dari Nenek Moyang dimana “Anak-Anak tidak dianjurkan untuk keluar saat Magrib”? Bukan hanya perkataan Nenek Moyang samata. Tahukah Ayah Bunda, di balik perkataan Nenek Moyang tersebut terdapat alasan yang baik untuk si Kecil?

Bahkan, hal tersebut merupakan sunnah untuk dilaksanakan karena berbagai alasan. Dilansir dari laman republika.co.id Abdullah Hamud al-Furaih dalam buku yang bejudul “Hadiah Indah Penjelasan Tentang Sunah-Sunah Sehari-Hari” menjelaskan hikmah dan anjuran menutup pintu serta meminta anak-anak masuk rumah di saat petang agar menjaga mereka dari Setan dan Jin.

Tidak hanya dianjurkan untuk anak-anak agar tidak keluar pada waktu tersebut. menutup pintu dan menyebut nama Allah SWT saat waktu Magrib pun dianjurkan dan disunnah-kan dalam Islam. Bahkan, hal tersebut telah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari. Dalam hadist tersebut, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika malam mulai datang, atau datang waktu sore kepada kalian, maka tahanlah anak-anak kalian, karena setan berkeliaran pada saat itu. Jika sesaat waktu malam sudah berlalu, maka biarkanlah. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari).

Tidak hanya satu Hadist, bahkan dalam salah satu Hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah SAW pun menyebutkan bahwa berbagai jenis setan akan mengganggu si kecil. Bagaimana jadinya jika si kecil mendapatkan gangguan jin atau setan karena mereka keluar di waktu Magrib tersebut?

“Jangan kalian melepaskan hewan-hewan ternak kalian dan anak-anak kalian jika matahari telah terbenam sampai hilang kegelapan isya. Karena setan-setan berkeliaran jika matahari telah tenggelam sampai hilang waktu isya.” (HR. Muslim)

Wallahu’alam bishawab

Tinggalkan Komentar