Prinsip Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Oleh Ayah dan Bunda

Ketika Prinsip Parenting yang Baik Membentuk Karakter Positif pada Anak

Aqiqah al Hilal – Membesarkan dan mendidik Anak bukanlah hal yang mudah. Terkadang seorang anak mencontoh apa yang dilakukan oleh Orang Tua bahkan teman-temannya. Beruntung jika apa yang kita lakukan memberikan hal positif kepada si buah hati, tapi bagaimana jika tanpa sadar kita melakukan hal yang kurang positif atau bahkan masuk ke jurang yang negative?

Sebelum menjadi Orang Tua, sungguh penting untuk mempelajari prinsip parenting yang benar agar dapat membentuk karekter positif kepada si buah hati bukam?

Tahukah Ayah Bunda, ketika kita mengasuh Anak dengan baik maka dapat mendukung kecerdasan Anak serta melindungi mereka dari berbagai hal negating loh! Lantas, bagaimana Prinsip Pola Asuh yang perlu diterapkan Orang Tua kepada Anak?

Dilansir dari laman alodokter.com Prinsip utama memberikan pola asuh yang baik yaitu dengan membesarkan dan mendidik si kecil dengan penuh kasih sayang, sekalig mendukung, membimbing, dan menjadi teman yang menyenangkan untuk mereka.

Dengan melaksanakan Prinsip Pola Asuh atau Parenting yang baik untuk Anak, InsyaAllah karakter positif pun akan terbentuk dalam diri si kecil. Berikut ini merupakan Prinsip pola asuh yang dapat diterapkan oleh Ayah dan Bunda ketika mendidik si kecil:

1. Menjadi sosok yang baik
Ketika Ayah dan Bunda menjadi sosok yang baik bagi mereka, InsyaAllah Bunda pun akan menjadi panutan yang baik untuk mereka.

2. Tidak terlalu memanjakan si kecil
Mungkin tanpa Ayah dan Bunda sadari, pola asuh dengan terlalu memanjakan si kecil akan memberikan beberapa dampak yang negative kepada anak? Meski demikian, jangan pula memarahinya atau bahkan memukulnya ketika ia berbuat kesalahan.

3. Tumbuhkan Sifat Mandiri untuk si kecil
Melatih si kecil untuk mandiri merupakan satu di antara pola asuh yang baik loh! bagaimana tidak, dengan menanamkan kepercayaan, kesempatan, dan apresiasi untuk Anak maka si kecil pun akan terbiasa untuk menyiapkan hal yang sederhana seorang diri.

4. Luangkan Waktu untuk si kecil
Tidak perlu 24 jam bersama si kecil, ketika Ayah dan Bunda memiliki kesibukan jangan lupa untuk senantiasa meluangkan waktu untuk si kecil ya! Karena tak sedikit si kecil kurang mendadpatkan perhatian dari orang tua yang bisa melakukan tindakan tidak baik atau berkelakuan buruk.

Jika Ayah dan Bunda mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip pola asuh di atas mencoba untuk berdiskusi dan meminta saran dari orang tua lain, orang tua Anda, atau guru di sekolah anak pun dapat Ayah dan Bunda lakukan.

Tinggalkan Komentar