4 Cara Mengenalkan Malam Lailatul Qadar Kepada Anak

4 Cara Mengenalkan Malam Lailatul Qadar Kepada Anak

Aqiqah Al Hilal – Saat memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, malam Lailatul Qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi umat Islam. Malam ini diyakini menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan, oleh karena itu penting bagi kita untuk memperbanyak amal ibadah pada malam ini.

Tidak hanya itu, melibatkan anak dalam merayakan dan memahami keistimewaan malam Lailatul Qadar juga sangat penting. Berikut adalah beberapa cara untuk mengajak anak memahami dan merayakan malam Lailatul Qadar:

  1. Ajarkan Makna dan Keutamaan. Sebagai orang tua, penting untuk menjelaskan kepada anak tentang makna dan keutamaan malam Lailatul Qadar dengan bahasa yang mudah mereka mengerti. Dengan cara ini, anak-anak dapat lebih memahami pentingnya malam tersebut dalam agama Islam.
  2. Kenalkan Melalui Al-Quran. Ajak anak untuk mendengarkan atau membaca ayat-ayat suci Al-Quran yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar. Surah Al-Qadr adalah salah satu surah yang sangat relevan untuk dibaca bersama anak, karena menjelaskan tentang keistimewaan malam tersebut.
  3. Ajak untuk Shalat Malam. Apabila memungkinkan, ajak anak untuk melaksanakan shalat malam atau qiyamul lail seperti shalat tahajud. Hal ini dapat dilakukan sebelum atau sesudah sahur agar tidak memberatkan anak.
  4. Perbanyak Zikir. Ajak anak untuk bersama-sama berzikir setelah shalat malam guna meramaikan malam Lailatul Qadar. Ingatkan anak-anak bahwa malam tersebut adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa, karena diyakini Allah akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya pada malam yang mulia tersebut.

Dengan melibatkan anak-anak dalam merayakan dan memahami makna malam Lailatul Qadar, kita dapat membantu mereka untuk menghargai dan merasakan keistimewaan dari malam yang amat istimewa ini dalam agama Islam. Semoga bermanfaat!

Sumber gambar: baznas.jogjakota.go.id

Penulis: Elis Parwati

Ada yang dapat kami bantu?