Bagaimana Jika Ibu Hamil Memiliki Darah Rendah?

Menjadi calon Ibu tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi seorang Wanita. Bagaimana tidak, sejak calon Bayi dalam Kandungan selama 9 bulan. Salah satu keluhan yang dirasakan oleh calon Ibu selama bayi berada dalam kandungan adalah keluhan tekanan darah rendah saat kehamilan berlangsung. Apakah Darah Rendah yang terjadi akan menimbulkan hal negatif terhadap Ibu hamil?

Bunda, Tekanan darah rendah saat kehamilan terkadang disebabkan oleh adanya perubahan hormone dan peningkatan aliran darah ke janin. Tekanan darah rendah saat kehamilan berlangsung pun dapat disebabkan oleh anemia, dehidrasi, kurangnya asupan nutrisi, infeksi, dan pengaruh dari obat yang sedang dikonsumsi oleh Ibu Hamil.

Jika calon Ibu yang memiliki riwayat tekanan darah rendah, memiliki resiko tekanan darah rendah yang lebih besar saat masa kehamilan. Karena, Tekanan darah normal adalah 120 mmHg pada garis atas atau sistolik, dan di atas 80 mmHg pada garis bawah atau diastolik. Ibu hamil bisa dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya ≤ 90/60 mmHg.

Tapi Bunda jangan takut! Dilansir dari laman Islampos.com Berikut ini adalah tips meringankan bagaimana keluhan darah rendah untuk Ibu Hamil:

  1. Memperbanyak minum air putih,
  2. Cukupi asupan makanan yang mengandung garam,
  3. Makan dengan porsi yang kecil namun sering,
  4. Mengatur pola makan yang bergizi dan seimbang,
  5. Berbaring di sisi kiri untuk meningkatkan aliran darah ke jantung,
  6. Hindari berdiri terlalu cepat,
  7. Hindari berdiri terlalu lama,
  8. Rutin melakukan olahraga ringan,
  9. Istirahat yang cukup.

InsyaAllah dengan mengikuti tips tersebut, masa kehamilan Bunda akan dipenuhi dengan kenyamanan hingga persalinan mendatang.

Aamiin yaa Rabbal Alaamiin.

Tinggalkan Komentar