Sudah Mendekati HPL Tapi Belum Ada Tanda Melahirkan ?

No ratings yet.
Sudah Mendekati HPL Tapi Belum Ada Tanda Melahirkan ? 1

Lewat dari HPL, Belum Ada tanda Persalinan

Pertanyaan:
hpl sudahmasuk dok, dan kontraksi palsu sudah sangat sering dirasakan, tpi tak kunjung kmtraksi asli dan keluar tanda, bagaimana it dok? Saya smpai stres mikirkn nya.

Jawaban:

Dijawab Oleh:

dr. Dyan Mega Inderawati

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Tanggal perkiraan kelahiran memang dapat bergeser antara 1-2 minggu dari tafsiran / perkiraan persalinan. Apabila kondisi janin dalam keadaan sehat, maka proses kelahiran dapat ditunggu hingga usia kehamilan 42 minggu. Sedangkan anjuran untuk melahirkan sesegera mungkin baru dipertimbangkan berdasarkan beberapa indikasi, antara lain adalah kehamilan lewat waktu, kencing manis, gangguan pertumbuhan janin, kematian janin dalam kehamilan, tekanan darah tinggi pada ibu hamil, pecahnya selaput ketuban dini, dsb.

Namun apabila tanda-tanda persalinan tetap tidak dirasakan setelah usia kehamilan 42 minggu (rata-rata 40 minggu), maka induksi akan dilakukan. Apabila induksi tidak berhasil maka akan dilakukan operasi sesar. Terdapat beberapa upaya yang dapat merangsang terjadinya persalinan, seperti memperbanyak jalan (ex: jalan pagi), melakukan hubungan seksual, dan rangsangan puting susu untuk merangsang terjadinya tanda persalinan. Namun tentu saja Anda tidak boleh terlalu lelah, harus cukup istirahat dengan tetap mengonsumsi asupan nutrisi seimbang dan istirahat teratur. Anda tidak perlu khawatir. Cobalah untuk menenangkan diri Anda agar persalinan nanti berjalan lancar.

Anda dapat membaca berbagai informasi kehamilan dari minggu 1-40 lengkap dengan tipsnya pada fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan situs kami.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Lewat dari HPL, Belum Ada tanda Persalinan. Semoga bermanfaat.

KLIK DOKTER – TANYA DOKTER

Penilaian Anda Tentang Kami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top