Jangan Panik, Rambut Rontok Saat Hamil Itu Normal

Jangan Panik, Rambut Rontok Saat Hamil Itu Normal. Atasi Dengan

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Salah satu kekhawatiran para ibu hamil adalah kondisi rambut rontok yang setiap hari nya semakin parah. Jangan panik, rambut rontok saat hamil sebenarnya normal.

Walaupun begitu, bunda perlu tahu apa penyebab dan cara mengatasinya. Berikut kami ulas mengenai “Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil” dan “Cara Mengatasinya”.

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

Rambut rontok selama kehamilan disebut dengan telogen effluvium.

Dilansir dari American Pregnancy, telogen effluvium adalah kerontokan rambut yang berlebihan yang terjadi satu sampai lima bulan setelah kehamilan.

Hal ini tidak jarang, karena mempengaruhi sekitar 40-50% wanita hamil, dan hanya berlangsung di masa kehamilan saja. Sekitar 90% rambut tumbuh pada satu waktu, sedangkan 10% lainnya memasuki fase istirahat.

Berikut penyebab rambut rontok saat hamil, diantaranya:

1. Kekurangan Nutrisi

Tubuh membutuhkan nutrisi setiap hari agar saat bekerja dengan normal. Nah, salah satu tanda tubuh kekurangan nutrisi adalah kerontokan rambut. Kebutuhan nutrisi saat hamil memang lebih besar daripada biasanya, sehingga ibu mungkin saja mengalami kondisi ini.

Ibu hamil yang mengalami anemia, contohnya. Anemia saat hamil terjadi saat zat besi yang diperlukan untuk menyuplai darah bagi sang ibu dan janin tidak tercukupi. Kemudian, tidak mendapatkan protein yang cukup dari makanan juga bisa menyebabkan kondisi serupa, rambut jadi lebih rapuh dan mudah rontok.

2. Perubahan Hormon

Saat hamil, hormon yang ada di dalam tubuh akan mengalami perubahan. Perubahan hormon tersebut membuat siklus pertumbuhan rambut normal jadi terhenti atau tidak teratur. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium dan biasanya terjadi terjadinya dalam satu sampai lima bulan selama kehamilan.

Perubahan kadar hormon progesteron saat kehamilan bisa membuat rambut jadi lebih kering, Akibatnya, rambut akan lebih mudah patah dan rontok.

Baca Juga: Paket Masakan Aqiqah Bandung Enak, Nikmat dan Kualitas Terbaik

https://aqiqahalhilal.com/paket-aqiqah-bandung/

Cara Mengurangi / Meminimalisir Rambut Rontok

  • Pilih sampo dan kondisioner dengan kandungan yang lembut dan tidak iritatif. Jika memungkinkan, pilih sampo dan kondisioner yang mengandung silika dan biotin.
  • Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah, karena rambur basah sangat rapuh.
  • Pilih sisir bergigi lebar, jangan yang terlalu rapat. Jika perlu saat rambut basah, hanya sisir dengan jari tangan saja.
  • Saat rambut sering diikat ke belakang menjadi cepol atau ekor kuda sebenarnya berisiko menyebabkan rambut menjadi lebih mudah patah. Tak menghernkan jika banyak ibu hamil yang akhirnya memutuskan untuk memangkas rambutnya lebih pendek.
  • Hindari mengeringkan rambut dengan panas maksimal atau melakukan perawatan meluruskan rambut, ini hanya akan memperburuk rambut rontok saat hamil.
  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan dan flavonoid. Sebuah penelitian menyebutkan langkah ini dipercaya dapat memperkuat pertumbuhan dan melindungi folikel rambut.
  • Jika kondisi rontok makin parah, tidak ada salahnya untuk segera konsultasikan pada dokter kandungan. 

Sumber:
Hallo Sehat
The Asian Parent

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *