Berbahayanya Pertengkaran Orang Tua di Depan Anak-Anaknya

Ayah Bunda, Jangan Bertengkar di Depan Anak!

Aqiqah al Hilal – Ayah bunda, rumah tangga tidak akan pernah luput dari masalah yang kadang membuat kita bertengkar. Namun, ayah bunda harus berhati-hati! Jangan sampai pertengkaran orang tua disaksikan oleh sang buah hati.

Sebab, terkadang dalam sebuah pertengkaran kerap kali terdapat bentakan atau pembicaraan dengan nada tinggi, cacian, makian dan hal yang tidak layak untuk dipertontokan kepada anak-anak kita.

Hal itu dapat menggoreskan luka yang mendalam di hati si kecil. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan rasa sedih dan perasaan tersakiti. Hal ini akan berdampak negatif dan berakibat fatal terhadap perkembangan mentalnya.

Berikut beberapa dampak negatif jika anak menyaksikan pertengkaran kita:

1. Trauma dengan Pernikahan
Tak sedikit orang yang merasakan trauma dengan sebuah pernikahan karena rasa takut yang diakibatkan oleh pertengkaran kedua orangtuanya. Peristiwa tersebut akan disimpan baik-baik di dalam memorinya dan ketika ia telah dewasa, pernikahan menjadi hantu yang paling menakutkan sepanjang waktu.

2. Lebih Banyak Menghabiskan Waktu di Luar
Pertengkaran bisa menyebabkan anak menjadi malas berada di rumah. Baginya di rumah hanyalah ada teriakan dan amarah. Sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, dan tentunya ini sangat membahayakan dirinya.

3. Tidak Lagi Mentaati Peraturan Orang Tua

Hal ini dapat terjadi karena ia kebingungan dalam membedakan mana yang lebih baik. Sehingga pada akhirnya ia lebih memilih tidak mentaati keduanya.

4. Sulit Berkonsentrasi
Pertengkaran orang tua yang terngiang-ngiang dalam benaknya bisa membuat fokusnya jadi berkurang.

5. Dihantui Rasa Takut
Pertengkaran bisa membuatnya merasa terancam dan kerap kali dihantui rasa takut karena melihat orangtuanya marah sampai bersuara dengan nada tinggi.

6. Mudah Tersulut Emosi
Pertengkaran kedua orangtuanya, bisa membuat anak cenderung lebih memilih jalan kekerasan dalam menghadapi masalah.

7. Kehilangan Rasa Percaya
Pertengkaran kedua orang tuanya bisa membuatnya merasa kecewa dan menyebabkan kejiwaannya menjadi terguncang, sehingga ia takut dan tidak percaya terhadap lingkungan pertemanannya.

Semoga ayah bunda senantiasa diberikan kelembutan dalam menyelesaikan segala permasalahan dalam keluarga, sehingga tidak akan ada dampak negatif pertengkaran orang tua untuk anak.

Aamiin yaa Rabb ‘aalamiin.

Sumber gambar: idntimes.com

-TE

Tinggalkan Komentar