Nifas Adalah? Nifas Berapa Hari Ya? Apakah Nifas Lebih dari 40 Hari?

Nifas Adalah? Nifas Berapa Hari Ya? Apakah Nifas Lebih dari 40 Hari? Yuk Ketahui!

Nifas merupakan salah satu kodrat wanita. Setiap wanita yang pernah melahirkan pasti pernah merasakan masa-masa ini. Lantas apa itu nifas? Dilansir dari laman islampos.com, adalah masa dimana darah yang mengalir dari rahim setelah seorang wanita melahirkan.

Darah tersebut keluar tertahan dalam rahim seorang wanita tatkala seorang wanita dalam masa kehamilan, dan akan mengalir manakala seorang wanita tersebut melahirkan, sebagaimana yang sebelumnya disebutkan.

Maka yang sering menjadi pertanyaan adalah masa nifas berapa lama? Diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi, masa terpanjang nifas pada seorang wanita umumnya adalah 40 hari terhitung sejak kelahiran atau dua bahkan tiga hari sebelumnya. Dalam hadist tersebut, Ummu Salamah RA bersabda:

“Wanita nifas dizaman Rasulullah SAW pernah berdiam menunggu selama 40 hari.” (HR At-Tirmidzi)

Masa nifas menurut salah satu hadist apabila telah sempurna 40 hari sedangkan darah masih belum berhenti jika bertepatan dengan kebiasaan lainnya maka itu akan haid.

Namun, jika tidak bertepatan dengan kebiasaan hidupnya dan darah itu terus dan tidak berhenti mengalir maka itu adalah istihadoh, dimana seorang wanita tidak boleh meninggalkan ibadah setelah masa 40 hari itu. Jadi, setelah seorang wanita selesai dengan masa pasca melahirkannya, maka wajib baginya untuk kembali melaksanakan ibadah seperti sedia kala.

Selain hukum tersebut, adakah hukum yang lainnya? Tentu ada! Hukum lainnya yang bertalian dengan hukum haid tersebut memiliki hukum yang hampir sama bagi setiap wanita. Dilansir dari laman islampos.com inilah beberapa larangan dan anjuran bagi wanita yang berada dalam masa setelah melahirkan:

  1. Haram melakukan hubungan suami istri
  2. Haram baginya berpuasa, sholat, dan tawaf di sekitar kabah
  3. Diperkenankan untuk tidak menyentuh al quran
  4. Wajib baginya untuk mengqada puasa wajib selama wanita tersebut meninggalkan puasa wajib selama masa nifas
  5. Wajib melaksanakan mandi wajib setelah tuntas sebagaimana halnya wanita tersebut selesai haid

“Dari Ummu Salamah RA ia berkata adalah seorang wanita dari istri-istri nabi Muhammad SAW pernah berdiam menunggu dalam masa nifasnya 40 malam sedangkan nabi SAW tidak menyuruhnya mengqada shalat karena nifas.”

Baca juga: Contoh Desain Kartu Undangan Aqiqah

Tinggalkan Komentar