Tips Mudah Mengajarkan Anak Shalat Sejak Dini, Yuk Ketahui!

Tips Mudah Mengajarkan Anak Shalat Sejak Dini

Aqiqah al Hilal – Shalat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim. Upaya mengajarkan anak shalat bukan perkara yang mudah. Sebaiknya hal ini dilakukan secara bertahap.

Karena anak cenderung lebih mudah menerima dan merespon hal-hal baru ketika pembelajaran dilakukan secara bertahap. Berikut cara mengajarkan anak shalat sejak kecil:

1. Mengajarkan Shalat dengan Contoh

Sebelum kita menyuruh anak untuk shalat, maka sebaiknya kita memberikan contoh yang baik terlebih dahulu kepada mereka.

Ada salah satu cara yang cukup efektif untuk mengajarkan anak shalat, yaitu sering – sering mengajaknya ke masjid.

Semakin sering kita mengajak anak untuk pergi ke masjid, maka ia akan sering mendapat stimulus untuk selalu mengingat shalat.

2. Memberi Anak Perintah Shalat

Setelah terbiasa melihat dan meniru orang tuanya shalat, sudah waktunya bagi anak untuk mendapat perintah shalat.

Rasulullah telah memberi rambu-rambu mengenai waktu yang tepat untuk memberi perintah shalat, yaitu ketika anak sudah membedakan kiri dan kanan.

Nabi Shallallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda, “Apabila seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahkanlah dia untuk mengerjakan shalat.” (HR. ath-Thabrani)

3. Beri Hukuman Ketika Anak Sudah Baligh

Menjelang usia baligh atau lebih tepatnya usia 10 tahun, sebagai orang tua kita diperbolehkan untuk memberikan pukulan yang dilakukan dalam rangka memberikan pendidikan, bukan karena amarah.

4. Berikan Pemahaman Tentang Pentingnya Shalat

Setidaknya ada dua pemahaman yang harus terus ditanamkan kepada anak mengenai shalat.

Pertama, shalat merupakan salah satu cara berkomunikasi antara makhluk dan Rabbnya. Dengan shalat ia akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar.

Kedua, Shalat merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim yang sudah balig. Karena konsekuensi yang didapat ketika meninggalkan kewajiban adalah dosa.

Demikianlah beberapa cara untuk mengajarkan anak shalat sejak usia dini.

Sumber : www.maulindanasir.com

Penulis: Elis

Tinggalkan Komentar