Mencegah Baby Blues, Hal yang Harus Diperhatikan Pasca Melahirkan

Bagaimana Mencegah Baby Blues Untuk Ibu Melahirkan?

Aqiqah al Hilal – Tak sedikit Ibu yag baru melahirkan mengalami perubahan suasana hati yang cukup signifikan. Dewasa ini, perubahan suasana hati tersebut sering kita kenal dengan istilah Baby Blues. Adakah cara agar dapat mencegah baby blues bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan?

Keadaan tersebut seringkali dirasakan oleh Ibu yang baru melahirkan dengan hadirnya rasa Lelah, stress, dan kecemasan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Tahukah Bunda, Baby Blues tersebut telah dialami oleh 70% hingga 80% Ibu yang baru melahirkan di seluruh Dunia.

Tapi, mengalami masa-masa Baby Blues tersebut merupakan pengalaman yang dianggap wajar. Karena, menjadi seorang Ibu baru yang belum pernah dialami sebelumnya oleh seorang Wanita. Tapi, Baby Blues pun dapat menjadi masalah yang besar bagi seorang Ibu jika hal tersebut terus berlarut dan tidak segera mengatasinya.

Lantas, bagaimana cara mencegah Baby Blues untuk Ibu yang baru saja melahirkan? Dilansir dari laman Islampos.com inilah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Bunda untuk mencegah Baby Blues pasca melahirkan:

  1. Terbuka atas ke-khawatiran yang sedang dirasakan kepada siapapun. Bisa kepada Suami, Orang Tua, dan orang terdekat disekitar kita
  2. Melakukan hal yang disukai oleh Bunda
  3. Melakukan Tidur yang cukup
  4. Memperbanyak untuk mengonsumi Omega 3

Dari beberapa hal tersebut yang dapat kita lakukan untuk mencegah Baby Blues, tentunya Bunda pun harus senantiasa membicarakan apapun yang dirasakan. Termasuk kegelisahan, kekhawatiran, dan beberapa perasaan lainnya yang mungkin memberikan dampak negatif untuk Psikis Bunda.

Jika beberapa tips tersebut telah dilakukan oleh Bunda dan kondisi Bunda masih belum stabil bahkan semakin memburuk, Bunda harus segera mengkonsultasikan ke Dokter terdekat agar Baby Blues tersebut tidak semakin parah dirasakan oleh Bunda ya!

إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya: “Kecuali orang-orang yang bersabar dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar,” (QS Hud: 11)

Semoga dengan kesabaran bunda dalam merawat dan mendidik buah hatinya meskipun dalam keadaan baby blues bernilai pahala dan menjadi pemudah jalan menuju surga

Tinggalkan Komentar