Si Kecil Masih Takut Untuk Berjalan Sendiri? Ikuti Tips Berikut Ini Yuk!

Karena takut jatuh saat belajar jalan, tak sedikit bayi yang enggan untuk memulai Latihan berjalan. Pada umumnya, memasuki usia Sembilan bulan, si kecil sudah bisa mulai Latihan berjalan loh, sebenarnya, kuni utama kesuksesan belajar berjalan bagi si kecil adalah kepercayaan diri dari si kecil sendiri.

Terkadang, karena si kecil gagal saat berlatih untuk berjalan seringkali menurunkan kepercayaan dirinya. Namun, dengan tips berikut ini, Latihan untuk dapat berjalan sendiri dapat diikuti oleh si kecil dengan aman dan menyenangkan loh!

Mau tahu tips-tips nya Bunda? Simak dan ikuti Langkah-langkah berikut ini yuk!

1. Dimulai dari Belajar Berdiri dengan Stabil

Memulai untuk memberi kesempatan berdiri bagi si kecil agar berdiri tanpa takut terjatuh membuat ia dapat berdiri dengan stabil. Latihan ini dapat dilakukan selama satu jam perharinya.

Langkah ini dapat dimulai ketika si kecil berusia Sembilan bulan. Untuk permulaan, Bunda dapat mencoba untuk membuat si kecil berpegangan pada kepala tempat tidurnya.

2. Melangkah dengan berpegangan

Setelah si kecil mampu untuk berdiri dengan stabil, pelan-pelan untuk membuat si kecil berjalan. Pelan tapi pasti, agar si kecil tidak langsung terjatuh ke lantai.

Bunda dapat meletakkan mainan di atas meja atau mainan di tempat yang mudah terjangkau, dan mintalah si kecil untuk melangkah dan meraih mainannya.

3. Belajar berjalan sambil bergandengan

Semakin lama si kecil belajar untuk dapat berdiri dan berjalan, ketika Ia sudah lebih percaya lagi dengan kemampuan belajar berjalannya, latihlah si kecil untuk menggandeng tangan bunda, kemudian bunda dapat membiarkan tangan si kecil yang bebas berpegangan pada sesuatu yang dapat diraih olehnya, salah satunya adalah meja atau kursi.

4. Mulai melatih si kecil untuk berjalan tanpa berpegangan

Ketika keseimbangan si Kecil lebih baik lagi, maka Ayah atau Bunda dapat memulai untuk melatih si kecil untuk berjalan tanpa berpegangan.

Dengan mengulurkan tangan, Ayah atau Bunda dapat berjalan mundur untuk memancing si kecil terus berjalan maju hingga langkahnya meraih tangan Bunda atau Ayah. Dan jangan lupa untuk selalu melindungi si kecil agar kepalanya tidak terbentur ya!

Tinggalkan Komentar