Selain Menjaga Berat Badan, Ini Manfaat Sawi Putih Untuk Ibu Hamil

No ratings yet.
Selain Menjaga Berat Badan, Ini Manfaat Sawi Putih Untuk Ibu Hamil 1

Seperti yang kita tahu, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk dirinya dan janin dalam kandungan. Asam folat, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin ini bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu yang banyak mengandung vitamin dan juga mineral selain buah adalah sayuran.

Salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi selama kehamilan adalah sawi putih. Karena kaya akan nutrisi penting seperti serat, maka sawi putih memiliki cukup banyak manfaat untuk ibu hamil.

5 Manfaat mengonsumsi sawi putih untuk ibu hamil

Beragam jenis sawi seperti sawi putih memang kaya akan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan seperti asam folat dan zat besi. Beberapa kandungan nutrisi lain yang ada dalam sekitar 100 gram sawi putih berdasarkan data dari Agricultural Research Service yakni:

Jenis nutrisiJumlah
Kalori25 Kkal
Karbohidrat5,8 g
Protein1,28 g
Serat2,5 g
Lemak0,1 g
Vitamin C47% dari kebutuhan per hari
Vitamin A3% dari kebutuhan per hari
Zat besi0,4 mg
Vitamin K57% dari kebutuhan per hari

Ragam manfaat sawi putih untuk ibu hamil

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa ibu hamil peroleh dari mengonsumsi sawi putih di antaranya:

  • Bagus untuk pencernaan

Karena kaya akan serat, mengonsumsi sawi putih dalam jumlah sedang dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda. Maka dari itu, mengonsumsi sawi putih pun dapat membantu mengatasi masalah konstipasi yang kerap terjadi di masa kehamilan.

Baca Juga: Paket Aqiqah Bandung Murah, Kualitas Terbaik dan Enak Nikmat

https://aqiqahalhilal.com/paket-aqiqah-bandung/
  • Menjaga berat badan

Sawi putih rendah kalori, sehingga sayuran ini pun bisa menjaga berat badan Bunda agar tidak naik secara drastis selama kehamilan. Pasalnya, berat badan yang bertambah dengan drastis akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit punggung, nyeri sendi, serta risiko varises dan risiko wasir lebih besar saat hamil.

  • Mencegah penyakit kanker

Sawi putih mengandung senyawa anti kanker yang disebut sebagai anthocyanin. Oleh karena itu, seperti hasil penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine, mengonsumsi sawi putih secara rutin pun dapat membantu tubuh mencegah serta mengurangi faktor risiko beragam penyakit kanker.

  • Mengurangi faktor risiko anemia

Kekurangan asupan zat besi saat hamil dapat menyebabkan anemia. Sawi putih kaya akan zat besi, sehingga mengonsumsi sawi putih saat hamil juga dapat mengurangi faktor risiko terkena anemia.

  • Mengatur tekanan darah dan mencegah penyakit jantung

Sawi putih kaya akan kandungan elektrolit dan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor yang memiliki peran penting untuk mengatur tekanan darah agar tetap terjaga serta dapat mencegah tubuh agar tidak terkena faktor risiko penyakit jantung.

Efek samping bila sawi putih dimakan berlebihan

Sawi putih memang memiliki beragam manfaat, tetapi mengonsumsi sayuran ini dalam julmah berlebih pun dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan. Memakan sawi putih dalam jumlah banyak dapat menyebabkan 4 efek samping seperti:

  • Perut kembung
  • Perut terasa panas
  • Diare
  • Dapat memicu atau mengganggu fungsi kelenjar tiroid

Agar kesehatan Anda tetap terjaga, sawi putih perlu dikonsumsi dalam batas wajar dan didampingi dengan jenis nutrisi lain agar asupan gizi tetap seimbang. Pilih juga sawi putih yang segar dan masaklah terlebih dahulu sayur tersebut sebelum dimakan agar terhindari dari bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Karena kondisi setiap Bunda berbeda, maka jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi sawi putih.

TheAsianParent

Penilaian Anda Tentang Kami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top