Mengajarkan Salat 5 Waktu Kepada Anak Sejak Dini, Beberapa Tips!

Tips Agar Anak Rajin Salat 5 Waktu Sejak Dini

Aqiqah al Hilal – Dalam membentuk aqidah dan akhlak anak merupakan tugas orang tua. Dan hal tersebut merupakan hal yang cukup sulit.

Salah satu bentuk pengajaran untuk membentuk aqidah dan akhlak seorang anak yaitu dengan mengajarkannya beribadah salat wajib lima waktu yang merupakan rukun islam yang kedua setelah membaca dua kalimat syahadat.

Sebaiknya, Ayah dan Bunda mengajarkan anak untuk salat lima waktu sedini mungkin, karena hal itu merupakan ibadah yang paling utama dan tentunya wajib untuk dilakukan. Selain itu, jika diajarkan dan dilakukan sedini mungkin, anak akan terbiasa dan akan merasa bersalah atau merasa berat jika meninggalkannya.

Berikut merupakan beberapa tips agar anak menjadikan salat lima waktu sebagai kebiasaannya sehari-hari, diantaranya yaitu:

1. Ajarkan Salat Sejak Dini

Semakin dini Ayah dan Bunda mengajarkan anak untuk salat lima waktu, maka anak akan semakin terbiasa untuk melakukan salat lima waktu. Berikanlah mukena, sajadah dan peci kepada anak, dan ajari untuk memakai alat salat tersebut dengan baik dan benar.

2. Buatlah Musala di Rumah

Alangkah baiknya jika Ayah dan Bunda menyediakan Mushala di rumah untuk beribadah. Dari situ, anak akan berfikir bahwa salat merupakan hal yang sangat penting sampai disediakan tempat khusus untuk melakukannya.

3. Jadilah Contoh untuk Anak

Jadilah contoh untuk anak sendiri, jika Ayah dan Bunda melakukan salat lima waktu sambil mengajak sikecil, maka anak pun akan melakukannya dengan senang hati. Jadi, Ayah dan Bunda juga harus rajin salat lima waktu ya!

4. Jelaskan Pentingnya Salat

Ayah dan Bunda, sikecil perlu tahu alasan pentingnya salat. Karena, seorang anak pasti selalu ingin tahu mengenai sesuatu hal. Oleh sebab itu, ceritakan lah awal mula diperintahkannya salat itu sendiri, dan berikan pemahaman mengenai pentingnya melakukan kewajiban salat lima waktu.

5. Ajarkan Rukun dan Tata Tertib Salat

Nah, setelah Ayah dan Bunda memberikan pemahaman mengenai salat, dan anak sudah mengerti serta terbiasa dengan salat, ajarkanlah anak untuk menghafal bacaan-bacaan salat dengan metode yang dirasa mudah untuk dipahami.

6. Berikan Reward

Ayah dan Bunda, tidak ada salahnya untuk memberikan reward saat anak berhasil menghafal bacaan salat. Dengan begitu, anak akan merasa senang untuk beribadah dan semakin bersemangat.

Sumber gambar: tirto.id

Tinggalkan Komentar