Qurban-di-Ujung-Negri-Papua-300x213_ca162532e3bff4_076aa357ff5d4789ceb5dcd6990ba49b

LAZ al-Hilal Tebar Hewan Qurban Di PAPUA

Seperti tahun-tahun yang lalu LAZIS AL HILAL itiqomah melakukan Tebar Hewan Qurban di Lokasi Terpencil, Terluar dan Tertinggal (3T), setelah ke Pedalaman Ternate Maluku dan Ke Kepulauan Alor NTT tahun ini alhamdulillah terlaksana Program Qurban di Ujung Negeri di Bumi Cendrawasih Papua. Tujuan dilaksanakan Qurban di Papua adalah agar daging qurban merata dan di rasakan oleh ummat Islam di pelosok, bahkan di Pedalaman Papua.

Pelaksanaan Qurban di Papua dilaksanan oleh Team LAZ al Hilal berjumlah 4 orang bekerja sama dengan Yayasan al Isrsyad al Islamiyah Cabang Papua Pimpinan Ustad Yudi. Ada 3 titik lokasi yang menjadi lokasi Penyembelian Hewan Qurban, yaitu di Disrik Arso 6 , di Distrik PIR 2 dan di Muara Tami Perbatasan RI-Papua Nugini.

Hari Jumat, Team di Pimpin pa Hendra Setiawan, SE,MM berangkat ke Bandara Soekarno Hatta, dari Bandung menggunakan Bus Primajasa menempuh waktu 5 jam. Sesampai di Bandara Soekarno Hatta kami beristirahat sambil menunggu chek in Masuk Bandara. Alhamdulillah cukup waktu untuk sekedar makan dan sholat. Tepat Pukul 22.00 WIB pesawat yang membawa kami ke Bumi Cendrawasih Papua take off dari Bandara Soekarno Hatta. Perjalanan kami isi dengan Istirahat dan alhamdulillah pukul 06.15 pesawat Landing di Bandara Sentani Jayapura. Team LAZIS al Hilal di jemput oleh Ust Yudi Pimpinan Cabang Yayasan al Irsyad Papua menuju Ke Kabupaten Keerom. Perjalanan menggunakan jalur darat sekitar 2.5 Jam. Alhamdulillah jalan sudah lebih baik sehingga perjalanan lancar sampai lokasi.

Kabupaten Keerom adalah Kabupaten yang Baru Pemekaran dan banyak terdapat Lokasi-lokasi Transmigrasi sehingga kami merasakan suasana seperti di Pulau Jawa ketika berjalan-jalan di pemukiman warga. Takbir berkumandang bersahut-sahutan dari masjid-masjid, Alhamdulillah sudah banyak masjid yang berdiri di Keerom. Anak-anak dan orang tua banyak yang hadir di Masjid untuk mengumandkan takbiran. Kami bertemu dengan beberapa warga yang menjadi panitia Qurban, untuk koordinasi pelaksanaan pemotongan hewan qurban esok hari. Alhamdulillah keramahan warga sangat kami rasakan, betapa ukwah Islamiyah di Bumi Papua begitu Indah.

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd

Matahari mengintip di sela-sela lebatnya hutan Keerom, Masyarakat Muslim mulai berduyun-duyun menju Masjid Jami At Taqwa tempat Pelaksanaan Sholat Iedul Adha di Distrik Arso Keerom. Begitu khidmat kami rasakan menjalani Sholat Iedul Adha di bumi Papua. Setelah selesai pelaksanaan Sholat Iedul Adha jamaah bersalam-salamaan. Kembali ke rumah masing masing untuk melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban.

Ahad, 11 Agustus 2019 bertepatan dengan 10 Dzulhijah, Yang Di tunggu-tungupun sudah tiba, alhamdulillah Panitia dan Team LAZIS al HILAL siap-siap memotong hewan qurban pertama sekor Sapi Berjenis Sapi Bali dengan bobot sekitar 300 Kg. Pemotongan Hewan pertama di Mahad Al Muhtadin, dimana Mahad ini memiliki 400 santri Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasay Tsanaiyah (MTS). Semua santri mendaoat bagian daging Qurban. Ada hal yang menarik di sini, dimana ibu-ibu gotong royong memasak daging hewan qurban untuk makan siang santri dan seluruh Panitia Qurbn yang ikut terlibat. Bahkan banyak warga sekitar yang ikut makan bersama-sama.

Tempat Kedua adalah Pondok Tahfidz at Taqwa Distrik Arso Hewan qurban di Potong untuk di bagikan buat santri pondok tahfidz dan warga sekitar Masjid At Taqwa. Selanjutnya kami langsung menuju ke Lokasi PIR 2 untuk menyelengarakan pemotongan hewan qurban ke 3. Di Kampung ini kami di sambut anak-anak yang sedang menyaksikan hewan Qurban mau di potong. Alhamdulillah anak-anak yang setiap hari mengaji di Masjid kami berikan Wakaf al Quran titipan Donatur al Hilal. Di PIR 2 Papua ada sekitar 200 KK keluarga Muslim, Syukur Alhamdulillah mereka semuanya mendapatkan bagian daging hewan Qurban. Semoga Para Pengkurban (Muqorib) mendapatkan Limpahan pahala dan diterima amal ibadah qurbanya.

Alhamdulillah Pemotongan sudah selesai saat Sholat Asyar menjelang. Kami pun team Lazis al Hilal kembali ke penginapan untuk istirahat sambil menyiapkan pemotongan hewan qurban hari kedua di Lokasi yang lebih Jauh di Muara Tami Perbatasan RI dan Papua Nugini.

Hari Ketiga di Bumi Papua, (Senin, 12 Agustus 2019)
Bergegas kami berkemas menyiapkan segala sesuatu yang akan kami bawa menuju Perbatasan Indonesia – Papua Nugini. Di Muara Tami penduduk Muslim yang rara-rata berasal dari Pulau Sulawesi dan sekitarnya. Kami sengaja memotong Hewan Qurban di lokasi ini agar masyarakat di daerah yang masih tertinggal, terluar dan terpencil apalagi diperbatasan Negeri bisa menikmati daging qurban.

Sapi Jenis Bali yang kami beli dari Petani setempat terlihat sangat sehat dan sedikt liar. Tetapi alhamdulillah karena ada peternaknya bisa di jinakan sebelum di Potong. Daging yang dibagikan ke warga di sana semoga menjadi jalan kebahagiaan dan menyambung tali kasih antara sesama muslim. Tampak kebahagiaan selama proses pemotingan dan pembagian daging hewan Qurban. Kami sempat ngobrol-ngobrol dengan Pa Imam tokoh muslim di Muara Tamim.

“Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih dan sungguh sangat terharu mendapat perhatian dari saudara muslim di Pulau Jawa, ini bukti bahawa sesama muslim adalah bersaudara. Semoga Allah membalas kebaikan Para Donatur dan Pengqurban LAZ Al Hilal dan Yayasan al Hilal Bandung”.

Alhamdululillah Semua rangkaian pemotongan dan pembagian Hewan Qurban di ujung Negeri Bumi Papua sudah terlaksana, kami sudah menunaikan amanah dari para donatur, semoga Ibadah Qurban para Donatur Al Hilal di terima oleh Allah SWT dan dilimpahkan keberkahan dalam segala sesuatunya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Ada yang dapat kami bantu?