Contoh Susunan Acara Syukuran Aqiqah Yang Baik

Contoh Susunan Acara Syukuran Aqiqah Yang Baik
SUSUNAN ACARA SYUKURAN AQIQAH

Melaksanakan aqiqah merupakan kewajiban bagi mereka yang mampu melaksanakannya. Artinya, mereka yang memiliki kondisi ekonomi cukup dan bisa mengerjakannya, maka wajib hukumnya.

Acara aqiqah sendiri biasanya diikuti oleh serangkaian acara lain sebagai pelengkap. Susunan acara aqiqah di setiap tempat bisa berbeda-beda. Tergantung bagaimana setiap keluarga melaksanakannya.

Acara syukuran aqiqah tidak berbeda jauh dengan acara-acara syukuran yang lainnya seperti syukuran berangkat haji, syukuran pernikahan dsb. Berikut ini kami sampaikan contoh syukuran acara aqiqah yang dilaksanakan di rumah atau di panti asuhan :

Contoh Susunan Acara Aqiqah

1.Pembukaan dan Sambutan MC

Susunan pertama dibuka dengan sambutan MC acara yang bisa dilakukan oleh pemimpin pengajian atau dari ketua RT setempat. Pembukaan ini juga bisa dilakukan oleh MC khusus yang memang dipanggil untuk membantu memimpin sebuah acara. Pembukaan ini bertujuan menyambut para tamu yang hadir dalam acara aqiqah.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Berikutnya, pembacaan ayat suci Al-Quran yang dipimpin oleh seseorang atau bisa juga oleh MC. Nantinya akan diikuti oleh para tamu undangan yang hadir. Untuk melengkapinya pun diikuti pembacaan terjemahan ayat-ayat tersebut.

Ada beberapa ayat dan surat Al-Quran yang sering dibacakan dalam acara aqiqah seperti Al-Israa ayat 23-25, surat Thoha ayat 99-104, surat Al-Muminun ayat 115-118, dan lain-lain.

3. Sambutan dari Keluarga

Setelah bersama-sama membaca ayat-ayat Al-Quran, dilanjutkan dengan sambutan khusus dari pihak keluarga atau pihak yang menggelar acara. Sambutan ini berisi ucapan terima kasih dan menjelaskan maksud dari digelarnya acara tersebut.

4. Pencukuran Rambut

Barulah masuk ke sesi pencukuran rambut. Dalam sesi pencukuran rambut, disahkan juga nama bayi yang di-aqiqahkan. Perintah pencukuran ini disabdakan oleh Rasulullulah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (HR. Abu Dawud)

5. Ceramah dan Tausiyah

Tahap acara kelima berupa ceramah dan tausiyah dari ustad yang diundang dalam acara aqiqah tersebut. Materi ceramah dan tausiyah ini seputar kelahiran bayi ke dunia bagaimana aqiqah penting dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu mengerjakannya. Sama seperti ceramah atau acara tausiyah pada umumnya, materinya pun bisa ke berbagai topik lain.

6. Makanan dan Pembagian Bingkisan

Baru masuk ke acara terakhir. Tahapan acara ini termasuk ke dalam penutupan yang terdiri dari mempersilakan para tamu yang hadir dalam acara aqiqah untuk menikmati berbagai hidangan spesial. Sesuai perintah dan aturan, aqiqah merupakan penyembelihan kambing atau domba atas kelahiran seorang bayi.

Diperintahkan pula daging sembelih harus dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada sesama. Selain itu harus juga dicicipi oleh keluarga bersangkutan, bukan sekadar dibagikan. Setelah para tamu menikmati hidangan, bagikan bingkisan atau kota berisi menu berbahan dasar daging sembelih dan ucapan terima kasih.

Baca Juga: Paket Aqiqah Bandung Terbaik dan Berkualitas
https://aqiqahalhilal.com/paket-aqiqah-bandung/

Setelah selesai acara lalu dipersilahkan tamu/hadirin mencicipi hidangan jika ada, sebelum pulang dibagikan kotak nasi berisi hidangan daging aqiqah

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang CONTOH SUSUNAN ACARA SYUKURAN AQIQAH BANDUNG semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

2 komentar untuk “Contoh Susunan Acara Syukuran Aqiqah Yang Baik”

  1. Ping-kembali: Melaksanakan Aqiqah Di Bulan Ramadhan - Aqiqah Bandung Terbaik & Berkualitas | Enak Dan Bersertifikat MUI

  2. Ping-kembali: 3 Rangkaian Niat Dan Doa Aqiqah Yang Dianjurkan

Tinggalkan Komentar

Ada yang dapat kami bantu?