Cara Nabi Dalam Mendidik Anak Yang Terkandung Dalam Al Quran

Cara Nabi Dalam Mendidik Anak Yang Terkandung Dalam Al Quran

Cara Nabi Dalam Mendidik Anak Yang Terkandung Dalam Al Quran

Sosok ayah terkadang memiliki sifat yang berbeda dengan Bunda, tak sedikit ayah yang merasa gengsi untuk mencurahkan bagaimana kasih sayang kepada anak-anaknya. Berbeda dengan Bunda, tentu sosok Bunda menjadi salah satu orang yang tidak sungkan untuk menunjukkan bagaimana kasih sayangnya kepada anak-anak mereka. Tapi, sama halnya dengan kasih sayang Bunda, kasih sayang Ayah kepada anak juga tak ternilai dengan apa pun bukan? Selain itu, sosoknya juga memiliki peran penting dalam hal mengasuh dan mendidik anak.

Tahukah Ayah&Bunda, dalam Al Quran ada beberapa kisah para Nabi yang berperan sebagai ayah yang baik dalam hel mendidik anak? Hal ini pun bisa jadi pembelajaran bagi umat-Nya. Simak yuk!

  1. Menunjukkan Perhatian melalui Doa

Dikutip dalam laman Kumparan, Nabi Ibramin AS menjadi seorang ayah di usia yang sangat lanjut. Terlepas dari usianya yang sudah tak muda, Nabi Ibrahim AS menunjukkan perhatian kepada anaknya melalui doa yang ia panjatkan kepada Allah SWT.

  • Menciptakan Komunikasi yang Sehat

Berbeda dengan Nabi Ibrahim AS, Nabi Yaqub memiliki 12 anak laki-laki dan di antaranya yang termuda ialah Nabi Yusuf AS. Hubungan antara Nabi Yaqub dan Nabi Yusuf ini menumbuhkan suasana yang nyaman bagi keduanya untuk berkomunikasi. Nabi Yusuf pun tak segan berbagi mimpi indahnya dengan ayahnya. Sebaliknya, Nabi Yaqub sangat senang menjadi pendengar yang baik untuk anaknya.

  • Ungkapan Cinta dan Kasih Sayang Melalui Tindakan

Ayah&Bunda, sungguh Nabi Muhammad SAW adalah teladan dalam hal menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di sekitarnya. Dikisahkan, Nabi Muhammad SAW tidak pernah malu untuk menunjukkan rasa hormat dan cinta kepada putrinya, Fatimah, bahkan di hadapan orang lain. Kasih sayang dan rasa hormat yang diberikan Nabi Muhammad SAW itu akhirnya menular ke Fatimah dan ia menirukan segala tindakan sang ayah.

  • Memberikan Kebijaksanaan dan Nilai-nilai yang Baik

Salah satu tata cara mendidik anak oleh Nabi Luqman AS pun terkandung dalam Al Quran. dikisahkan, Nabi Luqman AS dianugerahi hikmah oleh Allah SWT yang ia gunakan untuk memberikan nilai-nilai baik kepada putranya. Luqman mengajari putranya itu tentang pentingnya kejujuran.

Nah, bagaimana Ayah&Bunda apakah Ayah&Bunda akan mengikuti bagaimana cara Nabi dalam mendidik anak sesuai yang terkandung dalam Al Quran? Semoga, kisah beberapa Nabi di atas dengan anak-anaknya dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua ya. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Informasi Aqiqah Al Hilal

📱 Pemesanan CS WA Gegerkalong: 0812 2242 9223

📱 Pemesanan CS WA Cibiru: 0877 0034 7724

📍 Alamat Kantor: Jalan Gegerkalong Hilir No.155A, Kota Bandung

Tinggalkan Komentar