aqiqah di bulan suci ramadhan

Melaksanakan Aqiqah di Bulan Ramadhan

Melakukan aqiqah di bulan ramadhan merupakah kebaikan yang tak ternilai, selain mendapat pahala aqiqah, anda akan menemukan keberkahan dan hikmah yang lain yang khusus diberikan untuk anda.

Salah satu amalan yang dianjurkan (sunat muakkad) setelah kelahiran anak merupakan mengemban aqiqah sebagai tanda syukur.

Melaksanakan aqiqah merupakan sunat muakkad dan afdhal dilakukan pada hari ketujuh kelahiran.

Jika anda melakukan ibadah akikah pada bulan Ramadhan maka akan berpeluang mendapat pahala berganda Disamping dapat pahala akikah, anda bisa pahala memberi makan orang berbuka puasa dan juga mendapat pahala membantu umat Islam yang hidup susah .

Hukum melaksanakan Aqiqah di bulan Ramadhan sudah tentu BOLEH.

Hingga saat ini tidak ada dalil maupun hadist yang melarang untuk melaksanakan Aqiqah di bulan Ramadhan.

Bahkan saat Anda ingin mengadakan Aqiqah di bulan Suro dan bulan-bulan lainnya pun tetap diperbolehkan, disesuaikan dengan hari kelahiran anak Anda.

Yang sudah jelas dilarang dan tidak diperbolehkan adalah tujuh hal di bawah ini. Rasullullah SAW bersabda dalam suatu hadist Riwayar Bukhari dan Muslim yang berbunyi :

“jauhilah tujuh dosa yang dapat membinasakan kita. Para sahabat bertanya, “wahai rasulullah, apa sajakah itu?” kemudian, beliau menjawab “ syirik kepada Allah; melakukan sihir; membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah SWT kecuai Haq; memakan suatu hal yang riba; memakan harta dan hak anak yatim; Berpaling ketika ada perang yang berkecamuk; Menuduh wanita-wanita melakukan zina padahal mereka adalah wanita merdeka yang menjaga kehormatan, beriman, dan yang bersih dari zina”. (H.R Bukhari dan Muslim)

Tata cara atau susunan acara aqiqah di bulan Ramadhan sama saja seperti pelaksanaan aqiqah di bulan lainnya.

Hanya saja jika Anda ingin menyelenggarakan acara tasyakuran aqiqah siang hari di bulan Ramadhan, mungkin tidak menggunakan menu prasmanan.

Praktisnya, Anda bisa memakai nasi box sebagai alternatif pengganti menu prasmanan.

Tinggalkan Komentar

Ada yang dapat kami bantu?