Jenis Kambing

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia
source: canva.com

Ada banyak sekali jenis jenis kambing di seluruh dunia, dari yang terkecil sampai yang terbesar mereka mempunyai ciri khas dan penampilan yang berbeda-beda.

Naaah jika kamu pikir semua jenis kambing sama saja, kamu salah besar lho. Karena nyatanya ada banyak sekali type kambing diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Yuk kita lihat apa saja sih jenis jenis kambing itu!

1. Kambing Boer

kambing boer
kambing boer

Kambing Boer berasal dari Afrika Selatan dan kata “Boer” artinya petani. Karena pertumbuhannya yang sangat cepat, kambing ini menjadi kambing pedaging yang cukup terkenal.

Baik itu jantan ataupun betina, Kambing Boer ini keduanya memiliki tanduk.

Pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini sudah dapat mencapai berat 35 – 45 kg dengan rata-rata pertumbuhan berat antara 0,02 – 0,04 kg per hari. Hal ini tergantung pada banyaknya susu atau pakan yang dimakan.

Pada saat dewasa (umur 2-3 tahun), kambing Boer jantan akan tumbuh dengan berat badan rata-rata antara 120 – 150 kg.

Sedangkan kambing Boer betina dewasa akan mempunyai berat 80 – 90 kg.

Dibandingkan dengan kambing perah lokal, persentase daging pada kambing boer jauh lebih tinggi dan mencapai berat 40% – 50% lebih tinggi dari berat tubuhnya.

2. Kambing Pygmy

Kambing Pygmy
Kambing Pygmy

Kamu ingin mempunyai kambing tapi untuk sebagai peliharaan saja? Kambing Pygmy solusinya.

Kambing Pygmy ini berasal dari lembah Kamerun. Berat kambing ini hanya akan mencapai bobot maksimal yakni rata-rata 30 kg saja.

Kambing Pygmy ini sangat menggemaskan dan ukuran tubuhnya kecil dibanding jenis kambing lainnya.

Ukurannya yang kecil dan kadang bermotid lucu yakni berwarna putih dan hitam, membuat kambing ini malah cocok untuk dipelihara dirumah sebagai hewan peliharaan.

Baca Juga: Paket Aqiqah Bandung Berkualitas Terbaik, Enak, Nikmat, Halal dan Bersertifikat Halal MUI
https://aqiqahalhilal.com/paket-aqiqah-bandung

3. Kambing Saanen

Kambing Saanen
Kambing Saanen

Kambing saanen adalah kambing yang berasal dari lembah Saanen, Swiss bagian barat. Merupakan salah satu jenis kambing terbesar di Swiss.

Kambing ini terkenal sebagai kambing penghasil susu terbanyak.

Kambing ini sulit berkembang di wilayah tropis karena kepekaannya terhadap panas matahari.

Oleh karena itu, di Indonesia jenis kambing ini biasa disilangkan dengan jenis kambing lainnya yang lebih kuat terhadap cuaca tropis dan tetap diberi nama kambing saanen, contohnya disilangklan dengan kambing peranakan etawa.

4. Kambing Kerdil Nigerian (Dwarf Nigerian)

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia
Nigerian Dwarf

Dwarf Nigerian adalah jenis kambing kurcaci dari Amerika. Sama seperti Kambing Pygmy, kambing ini berasal dari keturunan Dwarf Afrika Barat.

5. Kambing Alpen (Alpine)

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia
Kambing Alpine

Kambing ini berasal dari Pegunungan Alpen Prancis.

Kambing alpen adalah jenis kambing yang dikenal dengan produksi susunya yang sangat bagus.

Susu dari kambing ini biasa dijadikan mentega, keju, sabun, es krim atau produk susu lainnya yang biasanya dibuat dari susu sapi.

6. Kambing Damaskus

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia
Kambing Damaskus

Kambing Damaskus telah hidup di Suriah dan negara-negara Timur Tengah lainnya sejak ribuan tahun lalu.

Kambing ini memiliki moncong yang tumpul, telinga seperti tabung, dan mata yang terletak jauh di sisi kepala.Menariknya, moncong tumpul tersebut tidak ditemukan pada kambing Damascus yang masih muda.

Ini membuat anak kambing mudah untuk menyusu pada induknya.

7. Kambing Anglo Nubian

30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia

Anglo nubian adalah persilangan antara kambing asli Inggris dengan kambing India. Di kita lebih mengenalnya dengan Jamnapari.

Kambing anglo nubian bisa beradaptasi dengan baik di wilayah tropis. Seperti India, pakistan, Indonesia dan wilayah tropis lain di belahan bumi ini.

8. Kambing Etawa

Mendengar kata etawa pasti yang terlintas dipikiran anda adalah susu, benarkan. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari.

Kambing etawa adalah kambing didatangkan dari India yang juga disebut kambing Jamnapari.

9. Kambing Angora

Kucing Anggora eh  Kambing jenis ini berasal dari distrik angora di sekitaran Asia, kambing jenis ini sudah dikenal sejak zaman nabi musa sebelum sejarah alkitab yaitu sekitar 1571–1451 Sebelum masehi.

Kambing jenis ini terkenal dengan bulunya yang panjang dan berkilau.

Karakteristik yang paling berharga dari Angora dibandingkan dengan kambing lainnya adalah nilai mohair/bulu yang digunting.

Di Amerika Serikat, rata-rata berat bulu yang digunting dari tiap ekornya adalah sekitar 5,3 pon yang dapat menghasilkan serat dengan panjang pokok antara 12–15 cm. 

10. Kambing Beetal

Kambing Beetal adalah jenis dari daerah Punjab di India dan Pakistan digunakan untuk produksi susu dan daging. Ini mirip dengan kambing Jamnapari dan kambing Malabari.

11. Kambing Barbari

Kambing ini adalah jenis kambing domestik kecil yang ditemukan di wilayah luas di India dan Pakistan. Ini didistribusikan di negara bagian Haryana, Punjab dan Uttar Pradesh di India, dan di provinsi Punjab dan Sindh di Pakistan.

12. Rove

Rove adalah jenis kambing yang pertama kali dipelihara di Prancis. Kambing ini sebelumnya pernah dianggap terancam punah, tetapi pada tahun 2003, lebih dari 5.000 Kambing Roves lahir di pertanian Prancis.

13. Toggenburg

Toggenburg atau Toggenburger adalah jenis kambing perah Swiss. Namanya berasal dari daerah Toggenburg di Kanton St. Gallen, tempat ia diperkirakan berasal. Ini adalah salah satu ras kambing perah paling produktif dan didistribusikan di seluruh dunia, di setidaknya lima puluh negara di semua benua.

14. Golden Guernsey

Golden Guernsey adalah jenis kambing perah langka dari Guernsey di Kepulauan Channel, di mana kambing ini dikenal telah ada pada dua ratus tahun yang lalu.

15. murcian

Kambing ini berasal dari daerah kering di timur selatan Spanyol. Para kambing itu berkembang biak bebas disana dan sudah dipeluas perkembangannya di beberapa daerah Amerika Latin dan Afrika Utara, fungsi utama kambing ini dibudidayakan untuk diperah susunya.

16. Kiko

Kambing Kiko merupakan kambing komposit yang dikembang-biakkan di Selandia Baru.

Kambing Kiko dikembang-biakkan pada pertengahan tahun 1980an dengan mengawin-silangkan kambing feral betina pilihan di Selandia Baru dengan kambing jantan dari berbagai trah kambing perah, seperti kambing Nubia, kambing Saanen, atau kambing Toggenburg.

17. Oberhasli

Oberhasli adalah jenis kambing perah modern Amerika. Ini berasal dari subtipe Kambing Berwarna Chamois dari distrik Oberhasli di Bernese Oberland di Swiss tengah.

18. Valais Blackneck

Kambing ini adalah kambing domestik yang sangat indah. Ini adalah breed kambing multi guna, dan terutama ditujukan untuk pengelolaan daging, susu dan vegetasi. Jenisnya sebenarnya berasal dari kanton Valais, di Swiss selatan, dan daerah sekitarnya di utara Italia.

19. Bengal Hitam

Kambing Benggala Hitam adalah jenis kambing yang ditemukan di seluruh Bangladesh, Benggala Barat, Bihar, Assam, dan Odisha. Kambing ini biasanya berwarna hitam tetapi juga kadang ditemukan dalam warna coklat, putih ataupun abu-abu.

20. Kalahari Red

Kambing ini adalah jenis kambing yang berasal dari Afrika Selatan. Nama kamabing ini berasal dari bulu merah mereka dan Gurun Kalahari. Umumnya kambing ini digunakan dalam produksi daging.

21. Chamois Coloured

Adalah jenis asli kambing domestik yang berasal dari Swiss. Kambing ini didistribusikan ke seluruh Swiss dan negara bagian utara yaitu Italia dan Austria, dan telah diekspor ke negara lain termasuk Prancis.

22. Pashmina

Changthangi atau Ladakh Pashmina adalah jenis kambing kasmir asli dari dataran tinggi di India. Suhu yang dingin di wilayah tersebut merupakan faktor utama dalam pertumbuhan pashmina grade wol kasmir yang bagus untuk dipelihara. Kambing ini juga digunakan sebagai hewan ternak pedaging.

23. Girgentana

Girgentana adalah jenis kambing yang berasal di Italia. Nama kambing ini berasal dari Girgenti, nama Agrigento dalam bahasa Sisilia setempat.

Dahulu populasi kambing ini ada lebih dari 30.000 ekor di perbukitan dan zona pantai provinsi ini. Namun sekarang ini, pada tahun 2020 jenis kambing ini terbilang langka dan jarang ditemukan.

24. Dutch Landrace

Adalah Jenis kambing domestik yang berasal dari belanda. Sudah dikenal di Belanda sejak abad ketujuh belas, dan sebelumnya populasi kambing ini banyak. Namun pada tahun 1950-an, kambing ini terancam punah. Untuk mencegah kepunahan kambing ini, dilakukanlah perkawinan silang dengan kambing jenis lain, dan pada tahun 2020 populasi kambing ini berjumlah lebih dari 2.000 ekor.

25. Tauernscheck

Tauernscheck berasal dari Austria, digunakan sebagai hewan ternak untuk diproduksi susunya. Kambing jenis ini adalah jenis yang sangat langka lho…

26. Nigora

Nigora adalah kambing berukuran kecil yang berasal dari Amerika, yang dipelihara untuk diproduksi susu dan dagingnya. Jenis kambing ini adalah hasil dari perkawinan silang antara Nigeria Dwarf dengan kambing keturunan mohair seperti Angora.

27. Bagot

Adalah Jenis kambing tertua di Inggris Kambing ii dibawa asuk ke inggris pada zaman perang salib dari lembah rhone. Mulai diternakkan secara luas pada tahun 1957.

Kambing ini adalah kambing semi liar,  sulit dibedakan dengan domba. Perbedaan nya adalah jika pada kambing ekornya menghadap ke atas sedangka doba ke bawah.

28. Nachi

Nachi adalah jenis kambing pedaging yang ditemukan di daerah Jhang, Multan dan Muzaffargarh di Provinsi Punjab.

Cara berjalan kambing ini unik lho, cara berjalannya mirip seperti kuda dan terlihat seperti sedang menari.

29. Majorera

Cabra majorera atau kambing Fuerteventura adalah jenis kambing perah yang berasal dari Kepulauan Canary. Susu kambing ini biasa diproduksi untuk dijadikan Keju Majorero. Kambing ini adalah jenis yang sangat kuat dan tahan dari berbagai jenis cuaca, dan telah diekspor ke Afrika dan Amerika Latin.

30. Orobica

Orobica atau biasa disebut Valgerola adalah jenis kambing domestik dari Val Gerola di provinsi Sondrio, di Pegunungan Alpen Bergamo di Italia utara.

1 komentar untuk “30 Jenis Jenis Kambing di Seluruh Dunia”

  1. Ping-kembali: Aqiqah Bandung Halal, Terpercaya, dan Bersertifikasi MUI – Yayasan Al-Hilal | Badan Wakaf Al-Qur'an, Donasi, Sedekah

Tinggalkan Komentar

Ada yang dapat kami bantu?