Perut Gatal Saat Hamil ? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Perut gatal saat hamil merupakan suatu yang normal dialami oleh para ibu hamil. Rasa gatal saat hamil memang cukup kuat sehingga membuat kebanyakan ibu hamil tidak bisa menahan untuk menggaruknya.

Sering kali, tanpa disadari, wanita yang sedang gatal saat hamil terus menggaruk perutnya. Hal ini pun menjadi hal yang aneh bagi banyak orang yang melihatnya. Apakah perut gatal saat hamil itu normal terjadi?

Tidak hanya pada perut, gatal juga kadang dirasakan ibu hamil pada payudaranya. Apa sih yang menyebabkan hal ini?

Perut Gatal Saat Hamil

Apakah Normal Perut Gatal Saat Hamil ?

Perut gatal saat hamil merupakan kasus yang normal terjadi. Kondisi ini biasanya muncul pada trisemester kedua, yaitu antara minggu ke-13 dan 28. Namun perut gatal juga dapat dirasakan ibu hamil ketika usia kandungan masuk trisemester pertama dan ketiga. Pada beberapa kasus, bukan hanya perut saja yang terasa gatal, melainkan payudara, telapak tangan, dan juga telapak kaki.

Pada beberapa kasus, seorang wanita menderita eksim sebelum hamil maka kondisi gatal yang dirasakan akan menjadi semakin parah saat hamil. Walaupun begitu, beberapa wanita merasakan eksim yang dialami membaik. Perut ibu hamil akan terasa lebih gatal pada ibu yang mengandung janin kembar.

Anda harus tetap waspada jika gatal menjadi serius, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Tindakan ini bisa mencegah hal-hal buruk terjadi pada perut ibu hamil yang sedang gatal.

Apa Penyebab Perut Gatal Saat Hamil ?

1. Perut yang terus mengembang

Penyebab utama perut gatal saat hamil adalah karena peregangan pada kulit perut ibu hamil. Rahim yang terus membesar dan bertumbuh bersamaan dengan pertumbuhan janin membuat perut ibu hamil pun juga terus berkembang menjadi semakin besar.

Akibatnya, kulit pada perut ibu hamil pun juga ikut mengalami peregangan. Peregangan perut ini membuat kulit menjadi lembab dan kering sehingga rasa gatal muncul.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon selama kehamilan adalah sesuatu yang wajar. Dibalik perubahan hormon tubuh selama kehamilan bisa menjadi penyebab perut gatal saat hamil. Peningkatan kadar hormon estrogen adalah salah satu bentuk perubahan hormon yang menyebabkan sensasi gata pada perut ibu hamil.

3. Terjadinya eksim sebelum hamil

Penyebab lain gatal saat hamil dikarenakan oleh penyakit eksim. Jika Anda sudah mengalami eksim maka ini bisa menjadi lebih buruk saat Anda hamil. Rasa gatal akibat eksim pun menjadi semakin parah saat hamil.

Sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, karena eksim ini ditakutkan akan semakin parah karena saat hamil kulit perut akan terus membesar.

4. Aliran darah

Penyebab perut gatal saat hamil bisa disebabkan oleh meningkatnya suplai darah ke kulit sejak trimester pertama. Peningkatan suplai darah ke kulit inilah yang membuat perut ibu hamil terasa gatal.

5. Munculnya stretch mark

Salah satu masalah kulit yang dihadapi ibu hamil dan melahirkan adalah munculnya guratan berwarna putih atau coklat di beberapa bagian tubuh atau biasa disebut stretch mark

Stretch mark biasa terlihat pada perut ibu hamil. Stretch mark umumnya muncul pada trimester ketiga. Dan selama sejak stretch mark muncul maka perut gatal saat hamil akan terasa.

6. Kulit terkelupas

Papular dan plak urtikaria pruritus (PUPP) adalah kondisi di mana rasa gatal yang ekstrim menyebar pada sebagian atau seluruh tubuh. PUPP ini bisa menjadi penyebab perut gatal saat hamil. Sekitar satu dari setiap 100 ibu hamil terpengaruh oleh hal ini dan ini paling sering terjadi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan.

Hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah, PUPPP ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti paha, pantat, punggung, lengan, atau kaki. Sementara bagian wajah, leher, atau tangan jarang jadi sasarannya.

Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan salep topikal, dan bila intensitasnya cukup tinggi, obat seperti antihistamin atau steroid oral agaknya juga diperlukan. Untungnya, PUPPP ini tidak membahayakan janin dan bisa hilang usai melahirkan.

7. Prurigo

Hampir sama dengan PUPP, tetapi prurigo memiliki bintik-bintik kecil. Selain itu, gejala prurigo ini akan menyebabkan perut gatal saat hamil dan juga pada bagian tubuh lainnya terutama pada bagian atas.

Jika bunda mendapati muncul benjolan kecil yang sepertinya disebabkan oleh gigitan serangga, dan itu berubah menjadi luka setelah digaruk, maka besar kemungkinan bunda mengalami prurigo.

Prurigo pada kehamilan biasanya muncul di area perut atau bagian tubuh lainnya, dan kondisi ini rata-rata baru terjadi pada akhir trisemester kehamilan kedua atau awal trisemester ketiga.

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Jangan digaruk berlebihan

Rasa gatal yang kuat selalu mendorong Ibu hamil untuk menggaruknya. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan sampai menggaruk perut yang gatal secara berlebihan. Bahkan Anda perlu menahan garukan dengan cara mengalihkan rasa gatal tersebut. Apabila Anda menggaruk dengan berlebihan maka akan menyebabkan iritasi pada kulit perut yang akan membuat gatal saat hamil semakin parah.

Mandi Dengan Oatmeal

Oatmeal bisa meredakan kulit iritasi dan gatal. Karenanya tambahkan secangkir oatmeal ke dalam air hangat, lalu gunakan itu untuk mandi. Alternatif lainnya adalah dengan memasukkan oatmeal ke dalam kaos kaki panjang berbahan nilon, lalu ikatkan itu dekat keran air. Tujuannya supaya air dari keran bisa mengguyur kaos kaki sehingga air mandi mengandung oatmeal. Cara ini akan membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan mengurangi rasa gatal.

Jaga kelembaban perut

Rasa gatal akan mereda apabila kulit terjaga kelembabannya. Gunakanlah lotion yang lembut dan bebas pewangi untuk mengatasi perut gatal saat hamil.

Pakai minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi cara untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Oleskan minyak pada perut yang gatal sepanjang kehamilan Anda untuk mengurangi kekeringan dan gatal.

Baca juga: Paket Aqiqah Bandung Terbaik, Berkualitas dan bersertifikat halal MUI

Meminimalisir perut gatal ketika hamil

Munculnya sensasi gatal saat hamil dapat diminimalisir dengan cara berikut:

  • Jangan mandi menggunakan air panas. Sebaliknya, gunakan air dingin saja.
  • Hindari penggunaan sabun yang aromanya kuat karena bisa membuat kulit kering. Lebih baik, gunakan sabun yang formulanya ringan karena lebih lembut untuk kulit.
  • Kenakan pakaian longgar yang bersih dan kering. Memakai busana ketat atau basah hanya membuat kulit rawan kena gesekan sehingga dapat memicu iritasi penyebab gatal.
  • Jangan berjemur terlalu lama di bawah paparan sinar matahari karena bisa membuat kulit menjadi kering.
  • Oleskan pelembab secukupnya, dan pilih produk yang memiliki pH netral. (Banyak ditemukan di apotek)
  • Matikan AC saat tidak diperlukan karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Minum banyak air putih agar tubuh terhidrasi dan kulit terjaga kelembabannya.

Dan itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan seputar penyebab perut gatal saat hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat….

Penilaian Anda Tentang Kami

Leave a Reply

Perut Gatal Saat Hamil ? Begini Cara Ampuh Mengatasinya