CARA MEMANDIKAN BAYI BAYU LAHIR

Aqiqah Bandung Cimahi, Bayi baru lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Meskipun beberapa orang tua memandikan bayi mereka setiap hari, sampai bayi merangkak. Akan tetapi janganlah terlalu sering Memandikan bayi karena hal itu bisa mengeringkan kulitnya.

Beberapa bayi akan merasakan airnya hangat dan sangat menyejukkan. Jika ini terjadi pada bayi bunda, tidak masalah bunda membiarkannya berlama-lama. Ketika bunda memandikan bayi bunda  tidak perlu menghabiskan banyak waktu cukup Lima menit sebelum air menjadi dingin.

Saat bunda memandikan bayi, mungkin bunda akan sedikit menakutkan pada awalnya. Menangani makhluk kecil mungil yang bergoyang-goyang dan basah. Bunda pasti membutuhkan latihan dan kepercayaan diri, pastikan bunda tetap tenang saja dan pertahankan cengkeramannya dengan baik.

Jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan, bahkan untuk sesaat pun. Jika bel pintu atau telepon berdering dan bunda merasa harus menjawabnya, selimuti bayi bunda dengan handuk dan bawalah bayinya bersama bunda.

Berikut ini kami rangkum Cara memandikan bayi yang baru lahir :

  1. Kumpulkan semua perlengkapan mandi Bayi bunda ( termasuk sabun, lap handuk, dan cangkir plastik), popok bersih, dan pakaian. Pastikan suhu ruangan bunda dalam kondisi nyaman dan hangat sehingga bayi bunda tidak merasa kedinginan.
  2. Isi bak mandi dengan air hangat sekitar 3 inci, cek suhu airnya dengan cara mencelupkan siku Bunda ke dalam air. Suhu air yang aman untuk bayi adalah bila air tidak terasa terlalu panas atau terlalu dingin. Bunda perlu sekali menggunakan air hangat karena itu dapat memberikan rasa nyaman pada bayi. Jaga pula suhu air yaitu kurang lebih sama dengan suhu tubuh bayi hal ini agar bayi tidak merasa kedinginan.
  3. Masukkanlah bayi bunda secara bertahap dan perlahan ke dalam bak mandi, gunakan satu tangan untuk menopang leher dan kepalanya. Tuangkan secangkir air mandi ke atasnya secara teratur saat mandi sehingga dia tidak terlalu kedinginan.
  4. Gunakan sabun ringan dan gunakan dengan hemat. Gosok bayi bunda dengan tangan atau lap dari atas ke bawah, depan dan belakang. Mulailah dengan mencuci kulit kepalanya dengan kain basah dan bersabun. Bilas sabun dari kain dan gunakan untuk membersihkan mata dan wajah dengan lembut. Jika ada lendir kering yang terkumpul di lubang hidung atau mata bayi Anda, oleskan beberapa kali untuk melembutkannya sebelum bunda menghapusnya.
  5. Bilas bayi bunda dengan secangkir air secukupnya, lalu bersihkan dengan lap bersih. Kemudian dengan sangat hati-hati angkat bayi bunda keluar dari bak mandi dengan satu tangan menopang leher dan kepalanya sedangkan sisi lain menopang pantatnya. Masukkan jari-jari Anda di sekitar paha (Bayi memang licin saat basah). Jika memungkinkan, mintalah bantuan orang lain untuk menerima bayi bunda dengan handuk kering.
  6. Selimuti bayi bunda dengan handuk lembut dan kering. Jika kulitnya masih mengelupas sejak lahir, bunda bisa mengoleskan losion bayi yang ringan setelah mandi. Kemudian pakaikanlah popok, pakaian.

Itulah 6 langkah mudah dalam proses memandikan bayi yang baru lahir. Hal ini tidak saja membantu setiap bunda saat menjaga kebersihan tubuh si mungil bahkan aktifitas tersebut mampu membangun ikatan personal antara bunda dan bayinya, bayi bisa tidur lebih nyenyak dan lain-lain.

Jika ayah bunda berminat untuk Aqiqah di kami silahkan Klik Link Harga Aqiqah Bandung

Alhamdulillah kami Pusat Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa Aqiqah Bandung dari tahun 2013. Pusat Aqiqah Bandung  menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di Pusat Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di Pusat Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah  bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Leave a Reply

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.