NAMA YANG DIMAKRUHKAN UNTUK BAYI

NAMA YANG DIMAKRUHKAN UNTUK BAYI

by Aqiqah Bandung

AQIQAH BANDUNG

NAMA YANG DIMAKRUHKAN UNTUK BAYI

Assalamualaikum

Kemarin admin memberikan informasi tentang Nama-nama yang diharamkan untuk Bayi ayah bunda. Kali ini admin akan membahas Nama yang dimakruhkan atau tidak disukai. Berikut penjelasannya :

Pertama: Memberi nama dengan nama-nama yang arti dan lafazhnya tidak disukai oleh jiwa, lebih-lebih menyelisihi petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk memperbagus nama.

Contoh dari nama semacam ini adalah Huyam dan Suham (jenis penyakit pada unta).

Ath Thobari rahimahullah mengatakan, “Tidak sepantasnya seseorang memakai nama dengan nama yang jelek maknanya atau menggunakan nama yang mengandung tazkiyah (menetapkan kesucian dirinya), dan tidak boleh pula dengan nama yang mengandung celaan. Seharusnya nama yang tepat adalah nama yang menunjukkan tanda bagi seseorang saja dan bukan dimaksudkan sebagai hakikat sifat.”

Kedua: Memberi nama dengan nama-nama yang menimbulkan syahwat. Seperti: Fatin (wanita penggoda), Syadi atau Syadiyah (biduanita).

Ketiga: Memberi nama dengan nama orang fasiq (yang gemar maksiat). Seperti: Madona, Britney.

Keempat: Memberi nama yang menunjukkan dosa dan maksiat. Seperti: Zhalim.

Kelima: Memberi nama dengan nama-nama orang yang terkenal sombong. Seperti: Fir’aun, Haamaan, Qorun.

Keenam: Memberi nama dengan nama yang tidak memotivasi diri. Seperti: Hazn (sedih), Zahm (sempit).

Ketujuh: Memberi nama dengan nama-nama hewan. Seperti: Himar (keledai), Kalb atau Kulaib (anjing), Bagong.

Kedelapan: Memberi nama dengan nama yang disandarkan pada lafazh “ad diin” dan “al islam”.

Seperti: Muhyiddin (yang menghidupkan agama), Nuruddin (cahaya agama), Dhiyauddin (cahaya agama), Syamsuddin (cahaya agama), Qomaruddin (cahaya agama), Saiful Islam (pedang Islam), Nurul Islam (cahaya Islam).

Penamaan seperti di atas terlarang karena kebesaran kedua lafazh Islam dan Diin. Oleh karena itu mengaitkan nama tersebut pada Islam dan Diin adalah suatu kebohongan. Ambil misal orang yang namanya Muhyiddin, artinya orang yang menghidupkan agama. Pertanyaannya, kapan orang tersebut menghidupkan agama?

An Nawawi rahimahullah tidak suka dipanggil dengan Muhyiddin. Begitu pula Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tidak suka dipanggil Taqiyuddin (penjaga agama). Beliau berkata, “Keluargaku sudah sering memanggilku seperti itu dan akhirnya panggilan seperti itu tersebar luas.”

Kesembilan: Menggunakan nama yang bersusun (terdiri lebih dari dua kata atau lebih), sehingga menimbulkan kerancuan apakah yang dinamai tersebut satu atau beberapa orang.

Seperti: Muhammad Firdaus, Muhammad Ahmad, Muhammad Haris. Nanti akan dikira bahwa nama-nama ini terdiri dari dua orang, ada Muhammad sendiri, ada Firdaus sendiri. Apalagi jika nama tersebut terdiri dari tiga kata atau bahkan sampai tujuh kata?!

Kesepuluh: Sebagian ulama tidak menyukai memberi nama dengan nama para Malaikat yang khusus bagi mereka. Seperti: Jibril, Mikail, Isrofil. Kecuali Malik, nama ini bersekutu antara manusia dan malaikat, dan ada sebagian sahabat yang menggunakan nama Malik.

Sedangkan menamai anak perempuan dengan nama malaikat, ini jelas haram karena ini sama halnya kelakukan orang musyrik yang menjadikan malaikat sebagai anak perempuan Allah.

Kesebelas: Sebagian ulama (di antaranya Imam Malik) tidak menyukai memberi nama dengan nama-nama surat dalam Al Quran, seperti: Yasin, dan Thoha.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

وأما يذكره العوام أن يس وطه من أسماء النبي فغير صحيح ليس ذلك في حديث صحيح ولا حسن ولا مرسل ولا أثر عن صاحب وإنما هذه الحروف مثل الم وحم والر ونحوها

“Adapun yang biasa disebut oleh orang awam bahwa “Yasin” dan “Thoha” adalah di antara nama-nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka itu tidaklah benar. Tidak ada satu pun hadits shahih, hadits hasan, hadits mursal atau pun atsar sahabat yang menyatakan demikian. Yasin dan Thoha hanyalah huruf biasa sebagaimana alif laam miim, haamiim, alif laam roo dan semacamnya.”

wallohu alam bishowab

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

Alhamdulillah kami sentra Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa Aqiqah Bandung dari tahun 2013. sentra Aqiqah Bandung menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di sentra Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di sentra Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Kenapa harus di Al hilal Aqiqah Bandung ?

  1. Kami menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, dll ( BANDUNG RAYA dan CIMAHI DIANTAR GRATIS).
  2. Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman
  3. Aqiqah Anda Insya Alloh berkah karena di sini anda sekaligus bersedekah (setelah dikurangi biaya operasional keuntungan dari usaha ini digunakan untuk mendukung program anak yatim).
  4. Mendapatkan sertifikat dan buku risalah aqiqah
  5. Dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah.
  6. Halal dan higienis serta pengelolaan sesuai syariat, Bersertifikat MUI No. 01161203470418

Jika ayah bunda berminat untuk Aqiqah di Alhilal berikut ini kami Lampirkan Daftar Harga Aqiqah Bandung 2018:

HARGA DOMBA PAKET MASAK AQIQAH BANDUNG

DOMBA BETINA + MASAK

  1. Tipe EKONOMIS = Rp 1.200.000 ( Sate 120 tusuk + Gule 40 porsi )
  2. Tipe HEMAT = Rp 1.700.000 ( Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi )
  3. Tipe PUAS = Rp 1.950.000 ( Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi )
  4. Tipe SUPER = Rp 2.200.000 ( Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi )
  5. Tipe ISTIMEWA = Rp 2.550.000 ( Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi )
  6. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 ( Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi )

DOMBA JANTAN + MASAK

  1. Tipe EKONOMIS = Rp 1.200.000 ( Sate 120 tusuk + Gule 40 porsi )
  2. Tipe HEMAT = Rp 1.700.000 ( Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi )
  3. Tipe PUAS = Rp 1.950.000 ( Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi )
  4. Tipe SUPER = Rp 2.200.000 ( Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi )
  5. Tipe ISTIMEWA = Rp 2.550.000 ( Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi )
  6. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 ( Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi )

( Jumlah Porsi Domba Jantan dan Betina sama, Yang membedakan Harganya Saja )

HARGA PAKET NASI KOTAK AQIQAH BANDUNG

1. Paket HEMAT : Rp 14.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket NIKMAT : Rp 18.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Semur Telor, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket PUAS : Rp 23.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Ayam Goreng/Ayam Bakar, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

( untuk Pemesanan AQIQAH BANDUNG Paket Nasi Kotak jumlahnya sama dengan Porsi Gule atau jumlahnya bisa disesuaikan )

HARGA PAKET SPESIAL AQIQAH BANDUNG

1. Paket BINTANG 1 = Rp 2.150.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket BINTANG 2 : Rp 3.150.000 ( 80 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket BINTANG 3 : Rp 3.450.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Gule Kepala & kaki, Sate 50 Tusuk, Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah, Snack Boks ( 60 Boks).

Jazakalloh Khoir

Leave a Reply

NAMA YANG DIMAKRUHKAN UNTUK BAYI