NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI

NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI

by Aqiqah Bandung

AQIQAH BANDUNG

NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI

Assalamualaikum

artikel kali ini admin Aqiqah Bandung ingin memberikan informasi untuk ayah bunda tentang Nama yang terlarang yang nanti akan diberikan untuk buah hati ayah bunda.

Pertama: Setiap nama yang terdapat bentuk penghambaan kepada selain Allah.

Yaitu menggunakan kata ‘Abdul tetapi disandarkan bukan pada nama Allah, namun pada selain Allah. Ini adalah nama yang diharamkan. Seperti: ‘Abdur Rasul (hamba Rasul), ‘Abdu ‘Ali (hamba ‘Ali), ‘Abdul Hasan (hamba Hasan), ‘Abdul Husain (hamba Husain), ‘Abdul Harits (hamba Harits), ‘Abdul ‘Uzza (hamba ‘Uzza), ‘Abdul Masih (hambanya Isa Al Masih), ‘Abdul Ka’bah (hamba Ka’bah).

Juga ada nama-nama penghambaan (memakai Abdul) yang dinilai keliru karena disandarkan bukan pada nama Allah seperti ‘Abdul Maqshud, ‘Abdus Sataar, ‘Abdul Mawjud, ‘Abdul Mursil, ‘Abdul Ma’bud, ‘Abduth Tholib. Nama-nama ini adalah nama-nama yang keliru ditinjau dari dua sisi:

  1. Nama-nama yang disandarkan tersebut bukanlah nama Allah karena nama Allah itu tauqifiyah (butuh dalil).
  2. Ini adalah penghambaan kepada sesuatu yang Allah tidak menamakan diri-Nya dengan nama tersebut, begitu pula dengan Rasul-Nya.

Kedua: Nama yang khusus untuk nama Allah.

Nama ini hanya khusus untuk Allah Ta’ala, tidak boleh digunakan oleh makhluk. Seperti: Al Kholiq (Sang Pencipta), Ar Rahman (Maha Penyayang), Al Ahad (Maha Esa), Ash Shomad (Bersandarnya seluruh makhluk pada-Nya), Ar Roziq (Maha Pemberi Rizki).

Ketiga: Nama dari barat yang merupakan nama khusus untuk orang kafir.

Contoh nama tersebut: Imanuel, George, Robert, Susan, Alberto, Diana, Susan. Nama-nama seperti ini haram digunakan dan sudah seharusnya untuk diganti dengan nama yang Islami.

Bagaimana mau membedakan muslim dan kafir, jika seorang anak diberi nama dengan nama yang jelas-jelas itu nama orang kafir?

Keempat: Nama yang merupakan nama berhala yang disembah selain Allah.

Seperti: Laata, ‘Uzza, Isaf, Nailah, Hubal.

Kelima: Nama yang bukan menunjukkan yang dinamai, mengandung penyucian diri bahkan kedustaan.

Telah terdapat dalam hadits yang shahih,

إِنَّ أَخْنَعَ اسْمٍ عِنْدَ اللَّهِ رَجُلٌ تَسَمَّى مَلِكَ الأَمْلاَكِ

Sesungguhnya nama yang paling jelek di sisi Allah Ta’ala ialah nama “Malikul Amlak” (Maha Raja Diraja)”. (HR. Bukhari no. 6206 dan Muslim no. 2143)

Nama yang diqiyaskan (dianalogikan) dengan  Malikul Amlak adalah Sulthon As Salaathin (Sultan dari segala sultan), Hakimul Haakim (Hakim dari para hakim), Qodhi Al Qudhot (Qodhi dari para Qodhi). Nama-nama ini adalah nama yang haram karena mengandung penyucian diri dan kedustaan.

Yang semisal itu dan diharamkan adalah sayyidunnaas (penghulu para manusia), sayyidul kulli (penghulu seluruh manusia). Sedangkan “Sayyid Waladi Adam” diharamkan untuk digunakan kecuali pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam saja.

Dari Muhammad bin ‘Amru bin ‘Atha dia berkata, “Aku menamai anak perempuanku ‘Barrah’ (yang artinya: baik). Maka Zainab binti Abu Salamah berkata kepadaku, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang memberi nama anak dengan nama ini. Dahulu namaku pun Barrah, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُزَكُّوا أَنْفُسَكُمُ اللَّهُ أَعْلَمُ بِأَهْلِ الْبِرِّ مِنْكُمْ

Janganlah kamu menganggap dirimu telah suci, Allah Ta’ala-lah yang lebih tahu siapa saja sesungguhnya orang yang baik atau suci di antara kamu.” Para sahabat bertanya, “Lalu nama apakah yang harus kami berikan kepadanya? “ Beliau menjawab, “Namai dia Zainab.” (HR. Muslim no. 2142)

Keenam: Nama yang merupakan nama-nama setan . Seperti: Khinzab, A’war, Walhan, Ajda’.

wallohu alam bishowab

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

Alhamdulillah kami sentra Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa Aqiqah Bandung dari tahun 2013. sentra Aqiqah Bandung menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di sentra Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di sentra Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Kenapa harus di Al hilal Aqiqah Bandung ?

  1. Kami menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, dll ( BANDUNG RAYA dan CIMAHI DIANTAR GRATIS).
  2. Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman
  3. Aqiqah Anda Insya Alloh berkah karena di sini anda sekaligus bersedekah (setelah dikurangi biaya operasional keuntungan dari usaha ini digunakan untuk mendukung program anak yatim).
  4. Mendapatkan sertifikat dan buku risalah aqiqah
  5. Dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah.
  6. Halal dan higienis serta pengelolaan sesuai syariat, Bersertifikat MUI No. 01161203470418

Jika ayah bunda berminat untuk Aqiqah di Alhilal berikut ini kami Lampirkan Daftar Harga Aqiqah Bandung 2018:

HARGA DOMBA PAKET MASAK AQIQAH BANDUNG

DOMBA BETINA + MASAK

  1. Tipe EKONOMIS = Rp 1.200.000 ( Sate 120 tusuk + Gule 40 porsi )
  2. Tipe HEMAT = Rp 1.700.000 ( Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi )
  3. Tipe PUAS = Rp 1.950.000 ( Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi )
  4. Tipe SUPER = Rp 2.200.000 ( Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi )
  5. Tipe ISTIMEWA = Rp 2.550.000 ( Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi )
  6. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 ( Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi )

DOMBA JANTAN + MASAK

  1. Jenis HEMAT = Rp 2.200.000 (Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi)
  2. Tipe PUAS = Rp 2.450.000 (Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi)
  3. Tipe SUPER = Rp 2.700.000 (Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi)
  4. Tipe ISTIMEWA = Rp 3.050.000 (Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi)
  5. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 (Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi)

( Jumlah Porsi Domba Jantan dan Betina sama, Yang membedakan Harganya Saja )

HARGA PAKET NASI KOTAK AQIQAH BANDUNG

1. Paket HEMAT : Rp 14.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket NIKMAT : Rp 18.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Semur Telor, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket PUAS : Rp 23.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Ayam Goreng/Ayam Bakar, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

( untuk Pemesanan AQIQAH BANDUNG Paket Nasi Kotak jumlahnya sama dengan Porsi Gule atau jumlahnya bisa disesuaikan )

HARGA PAKET SPESIAL AQIQAH BANDUNG

1. Paket BINTANG 1 = Rp 2.150.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket BINTANG 2 : Rp 3.150.000 ( 80 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket BINTANG 3 : Rp 3.450.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Gule Kepala & kaki, Sate 50 Tusuk, Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah, Snack Boks ( 60 Boks).

Jazakalloh Khoir

Leave a Reply

NAMA YANG DIHARAMKAN UNTUK BAYI