JUMLAH DAN JENIS HEWAN AQIQAH BANDUNG

JUMLAH DAN JENIS HEWAN AQIQAH BANDUNG

AQIQAH BANDUNG, AQIQAH CIMAHI

Jumlah dan Jenis Hewan Aqiqah Bandung

Assalamualaikum

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Alhamdulillah, saat ini kita masih melanjutkan pembahasan hadiah di hari lahir. Kita sudah masuk pada pembahasan aqiqah. Pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pada pembahasan jenis dan jumlah hewan yang diaqiqahi. Semoga bermanfaat bagi ayah Bunda

Perselisihan Ulama Mengenai Jumlah Hewan Bandung yang Diaqiqahi

Apakah yang disembelih ketika aqiqah adalah satu ekor kambing atau dua ekor, di sini terdapat silang pendapat di antara para ulama. Imam Malik berpendapat bahwa laki-laki dan perempuan diaqiqahi dengan masing-masing satu kambing. Adapun Imam Asy Syafi’i, Abu Tsaur, Abu Daud, dan Imam Ahmad berpendapat bahwa laki-laki hendaknya diaqiqahi dengan dua ekor kambing, sedangkan perempuan dengan satu ekor kambing.[1]

Perselisihan di atas berasal dari perbedaan dalil dalam masalah tersebut. Ada beberapa dalil yang digunakan, yaitu sebagai berikut.

Dalil pertama: Hadits Ummu Kurz Al Ka’biyyah radhiyallahu ‘anha.

عَنْ أُمِّ كُرْزٍ الْكَعْبِيَّةِ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ». قَالَ أَبُو دَاوُدَ سَمِعْتُ أَحْمَدَ قَالَ مُكَافِئَتَانِ أَىْ مُسْتَوِيَتَانِ أَوْ مُقَارِبَتَانِ.

Dari Ummu Kurz Al Ka’biyyah, ia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wa sallam bersabda, “Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing.” Abu Daud berkata, saya mendengar Ahmad berkata, “Mukafiatani yaitu yang sama atau saling berdekatan.” (HR. Abu Daud no. 2834 dan Ibnu Majah no. 3162. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dalil kedua: Hadits Ummul Mukminin, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki aqiqah dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.” (HR. Tirmidzi no. 1513. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dua hadits ini dengan jelas membedakan antara aqiqah anak laki-laki dan anak perempuan. Anak laki-laki dengan dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor kambing.

Dalil ketiga: Hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا.

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor domba.” (HR. Abu Daud no. 2841. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Akan tetapi riwayat yang menyatakan dengan dua kambing, itu yang lebih shahih)

Namun dalam riwayat An Nasai lafazhnya,

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا بِكَبْشَيْنِ كَبْشَيْنِ

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing dua ekor domba.” (HR. An Nasai no. 4219. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadit ini shahih)

Hadits Ibnu ‘Abbas yang dikeluarkan oleh Abu Daud, itulah yang jadi pegangan Imam Malik untuk menyatakan bahwa aqiqah anak laki-laki sama dengan anak perempuan yaitu dengan satu ekor kambing. Manakah yang tepat dalam masalah ini?

Simak Artikel Berikutnya : ” Tentang Pendapat Terkuat dalam Masalah Jumlah Hewan Aqiqah”

Sumber : Rumaysho

Semoga manfaat. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang JUMLAH DAN JENIS HEWAN AQIQAH semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

Alhamdulillah kami Pusat Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa  Aqiqah Bandung dari tahun 2013. Aqiqah Bandung  menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di Pusat Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di Pusat Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Kenapa harus di Al hilal Aqiqah Bandung ?

  1. Kami menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, dll (BANDUNG RAYA dan CIMAHI DIANTAR GRATIS).
  2. Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman
  3. Aqiqah Anda Insya Alloh berkah karena di sini anda sekaligus bersedekah (setelah dikurangi biaya operasional keuntungan dari usaha ini digunakan untuk mendukung program anak yatim).
  4. Mendapatkan sertifikat dan buku risalah aqiqah
  5. Dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah.
  6. Halal dan higienis serta pengelolaan sesuai syariat, Bersertifikat MUI No. 01161203470418

Jika ayah bunda berminat untuk Aqiqah di Alhilal berikut ini kami Lampirkan Daftar Harga Aqiqah Alhilal 2018:

HARGA DOMBA PAKET MASAK AQIQAH BANDUNG

DOMBA BETINA + MASAK

  1. Tipe EKONOMIS = Rp 1.200.000 ( Sate 120 tusuk + Gule 40 porsi )
  2. Tipe HEMAT = Rp 1.700.000 ( Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi )
  3. Tipe PUAS = Rp 1.950.000 ( Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi )
  4. Tipe SUPER = Rp 2.200.000 ( Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi )
  5. Tipe ISTIMEWA = Rp 2.550.000 ( Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi )
  6. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 ( Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi )

DOMBA JANTAN + MASAK

  1. Jenis HEMAT = Rp 2.200.000 (Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi)
  2. Tipe PUAS = Rp 2.450.000 (Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi)
  3. Tipe SUPER = Rp 2.700.000 (Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi)
  4. Tipe ISTIMEWA = Rp 3.050.000 (Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi)
  5. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 (Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi)

( Jumlah Porsi Domba Jantan dan Betina sama, Yang membedakan Harganya Saja )

HARGA PAKET NASI KOTAK AQIQAH BANDUNG

1. Paket HEMAT : Rp 14.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket NIKMAT : Rp 18.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Semur Telor, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket PUAS : Rp 23.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Ayam Goreng/Ayam Bakar, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

( untuk Pemesanan AQIQAH BANDUNG Paket Nasi Kotak jumlahnya sama dengan Porsi Gule atau jumlahnya bisa disesuaikan )

HARGA PAKET SPESIAL AQIQAH BANDUNG

1. Paket BINTANG 1 = Rp 2.150.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket BINTANG 2 : Rp 3.150.000 ( 80 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket BINTANG 3 : Rp 3.450.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Gule Kepala & kaki, Sate 50 Tusuk, Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah, Snack Boks ( 60 Boks).

Jazakalloh Khoir

Leave a Reply

JUMLAH DAN JENIS HEWAN AQIQAH BANDUNG