BAGAIMANA JIKA TIDAK MAMPU AQIQAH BANDUNG?

BAGAIMANA JIKA TIDAK MAMPU AQIQAH BANDUNG?

by AQIQAH BANDUNG

AQIQAH BANDUNG

BAGAIMANA JIKA TIDAK MAMPU AQIQAH BANDUNG?

Assalamualaikum

Aqiqah tentu saja melihat pada kemampuan orang yang  bertanggung jawab untuk aqiqah. Karena Allah Ta’ala berfirman,

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Bertakwalah kepada Allah semampu kalian” (QS. At Taghobun: 16).

Asy Syarbini –rahimahullah– menjelaskan, “Jika orang tua tidak mampu melakukan aqiqah pada saat kelahiran, namun setelah itu ia mendapati kemudahan pelaksanaan aqiqah sebelum hari ketujuh kelahiran, maka ketika itu ia disunnahkan melaksanakan aqiqah. Jika orang tua mendapati kemudahan pelaksanaan aqiqah setelah hari ketujuh dan masih tersisa sedikit waktu istri mengalami nifas, maka sebagian ulama belakangan tidak memerintahkan untuk dilaksanakan aqiqah. Akan tetapi ulama Syafi’iyah menganjurkan dilaksanakannya aqiqah jika masih dalam masa nifas, inilah pendapat yang dikuatkan oleh Al Anwar.”

Lalu bagaimana jika bayi sebenarnya mampu diaqiqahi ketika lahir, namun sampai dewasa, ia belum juga diaqiqahi?

Menurut ulama Syafi’iyah, orang tua yang mampu mengaqiqahi, ia tetap dianjurkan mengaqiqahi anaknya meskipun anaknya sudah dewasa. Jika sampai dewasa, anak tersebut belum juga diaqiqahi, maka ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri. Sedangkan sebagian orang yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengaqiqahi dirinya sendiri setelah diangkat sebagai Nabi, dalam Al Majmu’ disebut sebagai pendapat yang batil.

Sebagaimana pula dikatakan dalam salah satu kitab ulama Syafi’iyah, Kifayatul Akhyar, “Riwayat yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaqiqahi dirinya sendiri setelah diangkat menjadi Nabi adalah riwayat yang dho’if (lemah) dari setiap jalannya.”

Pendapat yang bagus tentang masalah ini diterangkan oleh Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin. Ada sebuah pertanyaan yang pernah diajukan kepada beliau –rahimahullah-, “Apabila seseorang tidak diaqiqahi ketika kecil, apakah ia tetap dianjurkan untuk diaqiqahi ketika dewasa? Apa saja batasan masih dibolehkannya aqiqah?”

Beliau –rahimahullah– memberikan jawaban –di antaranya-,

“Apabila orang tuanya dahulu adalah orang yang tidak mampu pada saat waktu dianjurkannya aqiqah, maka ia tidak punya kewajiban apa-apa walaupun mungkin setelah itu orang tuanya menjadi kaya. Sebagaimana apabila seseorang miskin ketika waktu pensyariatan zakat, maka ia tidak diwajibkan mengeluarkan zakat, meskipun setelah itu kondisinya serba cukup. Jadi apabila keadaan orang tuanya tidak mampu ketika pensyariatan aqiqah, maka aqiqah menjadi gugur karena ia tidak memiliki kemampuan.

Sedangkan jika orang tuanya mampu melaksanakan aqiqah ketika ia lahir, namun ia menunda aqiqah hingga anaknya dewasa, maka pada saat itu anaknya tetap diaqiqahi walaupun sudah dewasa.”

Intinya, untuk masalah ini kembali ke kemampuan sang ayah ketika bayi itu lahir. Jika ayahnya di hari kelahiran termasuk orang yang tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah, maka aqiqahnya jadi gugur termasuk pula ketika ia dewasa. Sedangkan jika sang ayah adalah orang yang mampu ketika itu, maka sampai dewasa pun si anak dituntut untuk diaqiqahi. Adapun jika si anak mengaqiqahi dirinya ketika dewasa, maka ini pendapat yang perlu dikritisi. Karena Imam Asy Syafi’i sendiri menyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah mengaqiqahi dirinya sendiri (ketika dewasa) sebagaimana disebutkan dalam salah satu kitab fiqih Syafi’iyah Kifayatul Akhyar.

Demikian sajian kami mengenai aqiqah pada kesempatan kali ini. Tulisan ini masih kami lanjutkan pada tulisan terakhir yang berkaitan dengan pelaksanaan aqiqah. Semoga Allah mudahkan.

sekian penjelasan artikel Aqiqah Bandung tentang BAGAIMANA JIKA TIDAK MAMPU AQIQAH BANDUNG?

semoga bermanfaat untuk ayah bunda.

Alhamdulillah kami Pusat Aqiqah Bandung sudah berpengalaman menjadi penyedia jasa  Aqiqah Bandung dari tahun 2013. Pusat Aqiqah Bandung  menyediakan paket Aqiqah yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dari ayah bunda. Selain itu dengan beraqiqah di Pusat Aqiqah Bandung berarti Ayah Bunda menjadi bagian dari penyantun anak yatim, karena dengan aqiqah di Pusat Aqiqah Bandung artinya anda bersedekah untuk anak yatim di pesantren yatim al Hilal. Kami menyediakan paket aqiqah Bintang 1 sampai bintang 3 khusus bagi ayah bunda yang tidak mau repot karena bisa dipesan langsung sampai menjadi nasi kotak.

Kenapa harus di Al hilal Aqiqah Bandung ?

  1. Kami menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, dll ( BANDUNG RAYA dan CIMAHI DIANTAR GRATIS).
  2. Kualitas dan rasa masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman
  3. Aqiqah Anda Insya Alloh berkah karena di sini anda sekaligus bersedekah (setelah dikurangi biaya operasional keuntungan dari usaha ini digunakan untuk mendukung program anak yatim).
  4. Mendapatkan sertifikat dan buku risalah aqiqah
  5. Dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah.
  6. Halal dan higienis serta pengelolaan sesuai syariat, Bersertifikat MUI No. 01161203470418

Jika ayah bunda berminat untuk Aqiqah di Alhilal berikut ini kami Lampirkan Daftar Harga Aqiqah Alhilal 2018:

HARGA DOMBA PAKET MASAK AQIQAH BANDUNG

DOMBA BETINA + MASAK

  1. Tipe EKONOMIS = Rp 1.200.000 ( Sate 120 tusuk + Gule 40 porsi )
  2. Tipe HEMAT = Rp 1.700.000 ( Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi )
  3. Tipe PUAS = Rp 1.950.000 ( Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi )
  4. Tipe SUPER = Rp 2.200.000 ( Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi )
  5. Tipe ISTIMEWA = Rp 2.550.000 ( Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi )
  6. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 ( Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi )

DOMBA JANTAN + MASAK

  1. Jenis HEMAT = Rp 2.200.000 (Sate 200 tusuk + Gule 50 porsi)
  2. Tipe PUAS = Rp 2.450.000 (Sate 300 tusuk + Gule 60 porsi)
  3. Tipe SUPER = Rp 2.700.000 (Sate 400 tusuk + Gule 80 porsi)
  4. Tipe ISTIMEWA = Rp 3.050.000 (Sate 500 tusuk + Gule 100 porsi)
  5. Tipe PREMIUM = Rp 4.100.000 (Sate 700 tusuk + Gule 140 porsi)

( Jumlah Porsi Domba Jantan dan Betina sama, Yang membedakan Harganya Saja )

HARGA PAKET NASI KOTAK AQIQAH BANDUNG

1. Paket HEMAT : Rp 14.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket NIKMAT : Rp 18.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Semur Telor, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket PUAS : Rp 23.000

Nasi Putih, Sambal Goreng Kentang, Ayam Goreng/Ayam Bakar, Acar, Sambal Lalapan, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

( untuk Pemesanan AQIQAH BANDUNG Paket Nasi Kotak jumlahnya sama dengan Porsi Gule atau jumlahnya bisa disesuaikan )

HARGA PAKET SPESIAL AQIQAH BANDUNG

1. Paket BINTANG 1 = Rp 2.150.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

2. Paket BINTANG 2 : Rp 3.150.000 ( 80 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah.

3. Paket BINTANG 3 : Rp 3.450.000 ( 60 Porsi )

Nasi Putih, Gule, Sate ( isi 3 Tusuk ), Gule Kepala & kaki, Sate 50 Tusuk, Soun Cabe, Acar, Kerupuk Udang, Buah pisang, Air Mineral, Alat Makan ( Tisu, sendok, Tsk Gigi ) dan Buku Risalah, Snack Boks ( 60 Boks).

Jazakalloh Khoir

 

Leave a Reply

BAGAIMANA JIKA TIDAK MAMPU AQIQAH BANDUNG?